0

Jangan Panik! Lakukan Ini Saat Kendaraan Mogok di Jalan

  • 2 November 2019 11:14

(Mounture.com) — Menggunakan kendaraan pribadi memang menjadi pilihan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari maupun untuk berlibur keluar kota. Baik menggunakan sepeda motor atau mobil memang lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum.

Kendati demikian, sebagian besar orang yang sudah memiliki kendaraan pribadi masih minim pengetahuan mengenai cara mengatasi masalah ketika kendaraan tiba-tiba mogok di jalan. Dilansir dari laman Daihatsu Indonesia, berikut ini cara untuk mengatasi kendaraan mogok.

1. Upaya pencegahan dari mogok, rajin servis

Mesin juga membutuhkan perawatan agar performanya tetap terjaga. Rutinlah memeriksakan kondisi mesin kendaran kalian ke bengkel minimal 2 bulan sekali. Jangan lupa, ganti oli mesin atau lakukan tune-up agar kondisi kendaraan di cek seluruhnya. Kalian juga bisa menanyakan pada montir tentang hal yang belum kalian ketahui mengenai piranti-piranti di kendaraan.

2. Sebelum pergi, cek bahan bakar dan panaskan mesin

Ketersediaan bahan bakar itu penting banget untuk perjalanan kalian. Pastikan kalian mempunyai cukup bahan bakar selama perjalanan dan usahakan jangan membiarkan kondisi bahan bakar berada di garis merah. Karena kalau tidak menemukan pom bensin, kalian bisa repot pastinya. Selain itu, biasakan untuk memanaskan mesin kendaraan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan agar mesin bekerja secara optimal.

3. Cek ketersediaan bahan bakar kendaraan

Jika kendaraan kalian tiba-tiba mogok di tengah jalan, jangan panik dulu ya! Menepi terlebih dahulu dan segera cek tangki bahan bakar kendaraan. Menepilah perlahan dan parkirkan kendaraan kalian di tempat yang tidak mengganggu lalu lalang orang lain.

Cek tangki bensinnya. Jika tangki bensin kosong, artinya kalian harus mencari pom bensin atau penjual bensin eceran terdekat. Kalian juga bisa menggunakan layanan ojek online untuk membantu mencarikan pom bensin atau toko bensin eceran untuk membeli bahan bakar kendaraan.

4. Minta bantuan orang sekitar untuk mendorong mobil

Jika kalian memiliki mobil dengan operasi manual, kalian bisa menyalakannya dengan mendorong mobil. Mintalah bantuan orang sekitar kalian untuk membantu mendorong mobil. Masukkan gigi 2 atau 3 dan injak koplingnya.

Sambil jalan, lepaskan kopling perlahan dan injak pedal gas seperti kalian melakukan oper gigi. Dengan begini, kemungkinan besar mobil kalian akan menyala lagi. Oh iya, sebelum melanjutkan perjalanan, panaskan dulu mesin mobil kalian.

5. Hubungi kerabat atau teman yang bisa membantu

Kepanikan yang melanda saat kendaraan kalian mogok secara tiba-tiba memang sudah wajar terjadi. Tapi, cobalah untuk tenang agar kalian bisa berpikir jernih soal langkah apa yang akan kalian ambil selanjutnya. Kalian bisa coba untuk hubungi teman, kerabat, dan keluarga yang menurut kalian mengerti soal ini.

Jika memungkinkan, kalian juga bisa meminta tolong mereka untuk menjemput dan membantu kalian untuk memperbaiki mobil yang mogok di tempat kejadian.

6. Selalu sedia nomor bengkel langganan

Paling penting, kalian harus banget menyimpan nomor montir atau bengkel langganan yang kalian percayai. Menyimpan nomor seperti ini bisa jadi sangat bermanfaat di saat kendaraan kalian bermasalah saat perjalanan. Suatu waktu membutuhkan bantuan, kalian bisa langsung bertanya padanya bahkan meminta penanganan. (MC/PC)

Foto: dok. Daihatsu Indonesia