0

Skill Ini Perlu Dimiliki Pendaki

(Mounture.com) — Setiap bukit, gunung, lembah, atau apapun tujuan hiking yang akan kalian lakukan, tentunya memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Untuk menjadi pendaki yang baik, kalian perlu menguasai beberapa kemampuan agar diri kalian tetap aman dalam kondisi apapun dan selamat sampai ke tempat tujuan hingga kembali ke rumah.

Nah, untuk mendukung pendakian kalian, maka diperlukan skill yang dibutuhkan saat melakukan pendakian. Berikut ini skill yang harus kalian miliki saat melakukan pendakian, seperti dilansir dari laman Eiger Adventure.

1. Navigasi,

Kemampuan menavigasi diri sangat diperlukan saat berada di alam bebas. Kalian setidaknya tahu bagaimana cara membaca peta dan menggunakan kompas. Kemampuan dan peralatan ini adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang pendaki.

2. Membuat api,

Latihlah kemampuan membuat api di alam bebas sebaik mungkin, agar saat keadaan buruk datang, kalian tetap bisa menyalakan api darurat untuk memasak dan menghangatkan tubuh.

3. Memilih pakaian dengan baik,

Memakai pakaian yang salah dapat membahayakan keselamatan diri kalian saat mendaki. Pakaian dengan bahan yang tidak anti angin dan air, serta sulit untuk kering bisa jadi penyebab terkena hipotermia. Maka dari itu, bijaklah dalam memilih pakaian dan sesuai dengan kebutuhan di gunung.

4. Membuat shelter,

Saat kalian terjebak karena kondisi cuaca buruk, terlalu lelah untuk melanjutkan perjalanan, atau kemalaman di perjalanan, kemampuan untuk membuat shelter darurat akan sangat menolong. Shelter yang kalian buat bisa berupa bivak alam, bivak buatan dari jas hujan atau terpal, atau jika keadaan memungkinkan dirikan hammock.

5. Membuat sinyal bantuan,

Jika terjadi halangan di tengah jalan, maka kalian perlu memiliki kemampuan untuk memberikan sinyal kepada regu penolong yang dapat memberitahukan posisi kalian berada.

Jadi, pendaki yang baik adalah yang memiliki rencana dan mempersiapkan semuanya dengan matang di setiap perjalanan pendakian yang dilakukan, dan jangan lupa juga untuk membawa kembali sampah saat akan turun gunung. (MC/RL)