0

Menapaki Puncak Sejati Gunung Raung

  • 20 Mei 2018 08:08

(Mounture.com) — Perjalanan kali ini, mounture.com mencoba mengeksplor gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.344 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung yang disebut memiliki trek paling ekstrim ini terletak di daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Untuk menuju ke Gunung Raung, tim ekspedisi mounture.com bersama dengan Horee Adventure dan @pendakiceria menggunakan moda transportasi kereta api dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta menuju ke Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta lalu dilanjutkan ke Stasiun Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur. Total waktu menggunakan kereta api adalah sekitar 16 jam perjalanan.

Dari Stasiun Kalibaru, tim lanjutkan perjalanan menuju ke Basecamp Cak Coy kurang lebih selama 45 menit perjalanan menggunakan ojek yang sudah terlebih dahulu dipesan bersama paketan untuk mendaki ke Gunung Raung.

Keesokan harinya, sekira pukul 06.00 WIB tim mulai berangkat ke Pos Registrasi untuk melakukan briefing sebelum melakukan pendakian dilanjutkan ke Pos 1. Dari Pos 1 menuju ke Pos 2 ditempuh dengan waktu kurang lebih 2-3 jam perjalanan. Hampir 7 jam perjalanan, akhirnya tim sampai di Pos 4 untuk melakukan istirahat dan makan siang bersama.

(Mounture.com/Gandhi)

Setelah puas beristirahat, tim pun kembali melanjutkan perjalanan untuk menuju ke Pos 5, Pos 6 dan 2 Pos bayangan yang memiliki kontur jalan cukup menguras tenaga. Sekira pukul 17.30 WIB, tim sampai di Pos 7, dimana di Pos ini tim akan mendirikan tenda dan baru akan melanjutkan perjalanan ke Puncak Raung keesokan harinya.

Setelah melalui hampir 12 jam perjalanan dari Basecamp Gunung Raung menuju ke Pos 7, akhirnya tim mounture.com beristirahat untuk kemudian melanjutkan kembali perjalanan menuju ke Puncak Sejati Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.344 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menjelang tengah malam, tim pun bergegas untuk mempersiapkan diri untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Sejati. Sekira pukul 02.00 WIB, tim yang beranggotakan delapan orang ini memulai perjalanan menuju ke Pos 8 yang ditempuh selama kurang lebih satu jam perjalanan.

Lanjut dari Pos 8, tim menuju ke Pos 9 yang ditempuh selama 1,5 jam perjalanan. Di Pos 9 ini tim beristirahat sejenak sebelum menuju ke Puncak Bendera yang hanya ditempuh selama 5 menit perjalanan dari Pos 9.

Dari Puncak Bendera, perjalanan menantang dilalui tim untuk menuju ke Puncak Sejati Gunung Raung. Menggunakan peralatan safety, tim melangkah dengan hati-hati dan sekira pukul 08.00 WIB, semua tim telah sampai di Puncak Sejati Gunung Raung (3.344 mdpl). Dari Puncak Sejati ini, terlihat jelas kaldera dari Gunung Raung yang mempesona. (MC/DC)