0

Banyak Sampah di Gunung, Pengelola Tahura Raden Soerjo Minta Pendaki Belajar Cintai Alam

(dok. Tahura Raden Soerjo)

Mounture.com — Pengelola kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo meminta kepada pendaki yang masih meninggalkan sampah di gunung untuk belajar menjadi pendaki yang lebih mencintai alam.

Hal itu dikatakan pihak Tahura Raden Soerjo melalui akun instagram resminya (@upttahuraradensoerjo). Dalam postingannya, Tahura Raden Soerjo mengungkapkan bahwa banyak sampah yang ditinggalkan para pendaki di kawasan tersebut.

Hal itu lantaran pihak Tahura Raden Soerjo yang dibantu oleh para relawan melakukan kegiatan pembersihan kawasan, di mana banyak ditemukan sampah-sampah yang tinggalkan oleh pendaki.

“Untuk para pendaki gunung yang meninggalkan sampah2 di gunung, belajarlah menjadi orang yang mencintai alam. Jadilah manusia yang bertanggungjawab, sampah itu masalahmu, jangan kalian lemparkan kepada orang lain,” tulis akun Tahura Raden Soerjo.

Baca juga: Mengenal Destinasi Wisata Alam di Tahura Raden Soerjo

“Ingat, bawa kembali sampahmu!!! Terimakasih kepada para relawan Tahura R. Soerjo yang telah mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk hutan dan masyarakat. Salut dan hormat kami untuk para relawan,” tambah akun @upttahuraradensoerjo.

Sebagai informasi, Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo merupakan salah satu kawasan yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Wilayah Tahura Raden Soerjo ini memiliki luas 27.868,30 hektare, dengan rincian luas Kawasan Hutan Lindung 22.908,3 hektare, dan Kawasan Cagar Alam Arjuno-Lalijiwo (PHPA) 4.960 hektare.

Adapun kawasan ini terbilang memiliki banyak destinasi wisata alam, salah satunya yang menjadi favorit adalah Gunung Arjuno – Welirang. Gunung yang memiliki ketinggian 3.338 meter di atas permukaan laut (mdpl) untuk Puncak Arjuno, dan 3.156 mdpl untuk Gunung Welirang.

Selain itu, ada destinasi Gunung Pundak, di mana gunung ini memiliki ketinggian 1.544 mdpl. Ada pula Pendakian Watu Jengger, yang mana ketinggian puncak mencapai 1.100 mdpl yang diklaim cocok untuk pendaki pemula.

Tak hanya itu, Tahura Raden Soerjo juga memiliki kawasan wisata alam lainnya, diantaranya pemandian air panas Cangar, air terjun Watu Ondo, air terjun Tretes – Jombang, air terjun Watu Lumpang, Petung Sewu, dan Loka Wiyata Surya. (MC/LS)