0

Sekilas Tentang Gunung Suket di Jawa Timur

Puncak Gunung Suket di Jawa Timur (dok. Google Image/IST)

Mounture.com — Mungkin belum banyak yang tahu mengenai Gunung Suket yang berada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 2.950 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memang masih terbilang alami dan belum banyak yang melakukan pendakian.

Hingga saat ini, Gunung Suket memang belum memiliki jalur pendakian resmi, namun pendaki bisa melakukan pendakian dimulai dari Desa Sumber Wringin, Wonosari. Kendati demikian, pendakian harus dilakukan bersama dengan warga sekitar sebagai pemandunya.

Mendaki tanpa menggunakan pemandu tidak dianjurkan untuk mendaki Gunung Suket ini. Sebab, gunung ini memiliki kontur dan medan yang cukup sulit dan hutannya yang lebat. Hal itu bisa membuat pendaki memiliki risiko tersesat atau hilang di gunung bila mendaki Gunung Suket tanpa pemandu.

Adapun nama ‘Suket’ sendiri diambil dari bahasa Jawa yang mempunyai arti ‘Rumput’. Penamaan itu diberikan karena di kawasan sabana-sabana gunung ini memang terlihat banyak rumput-rumput menghijau yang tumbuh liar. (MC/LS)