0

Lakukan Ini saat Turun Hujan Kala Trekking di Gunung

Ilustrasi mendaki gunung (dok. Cozmeed)

Mounture.com — Kondisi cuaca di gunung terbilang sukar ditebak. Oleh karenanya, mempersiapkan segala hal secara matang menjadi hal wajib dilakukan oleh pendaki.

Jangan sampai ketika melakukan pendakian ke gunung dalam kondisi cerah, lantas di tengah perjalanan terjadi turun hujan kalian tidak mempersiapkannya. Hal itu pastinya akan membuat kerepotan atau bahkan bisa terkena hipotermia.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan saat turun hujan ketika dalam perjalanan di trek.

1. Gunakan jas hujan

Setelah mengetahui kondisi cuaca mulai tak bersahabat alias turun hujan, maka segera hentikan langkah kalian untuk menggunakan jas hujan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kebasahan baik pada pakaian yang digunakan ataupun barang bawaan kalian.

2. Matikan peralatan elektronik

Ketika mulai turun hujan, segera matikan peralatan elektronik yang kalian bawa. Hal ini untuk mencegah terkenanya sambaran petir ataupun terkena air hujan.

3. Jangan berteduh

Sebisa mungkin jangan berteduh ketika hujan turun, terlebih berteduh di bawah pohon yang tinggi. Sebab, berpotensi terkena sambaran petir. Teruslah melangkah sembari mencari lokasi berteduh yang lebih aman seperti di shelter atau mendirikan bivak.

4. Turun gunung

Jika memang kondisi cuaca tidak memungkinkan seperti hujan badai, sebaiknya kalian segera untuk melakukan turun gunung. Hal ini demi mencegah dari risiko-risiko yang tidak diinginkan. (MC/LS)