Kebakaran Hutan, 13 Pendaki Gunung Raung Dievakuasi

 

(Mounture.com) — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan evakuasi sebanyak 13 pendaki yang terjebak kebakaran di Gunung Raung, Jawa Timur. Lokasi ini terbakar pada 4 Oktober 2019 di sekitar sembilan kamp pendaki.

“Pendaki yang terjebak terdiri dari 2 porter, 2 guide, 2 WNI, 7 WNA Singapura,” tulis Kepala Pusat Data Informasi Masyarakat BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Sabtu, 5 Oktober 2019.

Penyelamatan tengah dilakukan oleh Tim SAR gabungan dari BPBD Banyuwangi, BPBD Bondowoso, BPBD Jember, Basarnas, TNI-Polri serta sejumlah relawan. Mereka menuju lokasi kebakaran di Gunung Raung untuk mengevakuasi para pendaki serta mendropping logistik dan membuat sekat bakar.

“Jadi Pukul 22.00 WIB (kemarin), 25 orang naik untuk melakukan pemadaman dan evakuasi. Pendaki saat ini sudah di camp 4 menunggu kiriman logistik, jam 6 tadi sudah dikirim dan diharapkan jam 8 sudah sampai, diharapkan ke 13 pendaki dapat dievakuasi secepatnya,” jelas Agus.

Perkembangan titik api saat ini tengah merambat ke lokasi lain. Namun jalur pendakian ke Gunung Raung sudah diamankan dari kebakaran.

Dari informasi yang diberikan oleh akun Instagram @raungcamp, bahwa pada pukul 10.00 WIB semua pendaki yang terjebak sudah turun. “6 survivor sudah naik motor dari Pondok Seng area perkebunan kopi (batas hutan),” tulis akun tersebut.

Akun tersebut juga menginformasikan bahwa untuk sementara pendakian Gunung Raung via Kalibaru ditutup sementara, karena kondisi Raung yang masih terjadi kebakaran. “Para pendaki yang terjebak di camp 7 dan camp 4 berhasil d evakuasi dan sudah turun. Saat ini sudah hampir pada titik penjemputan ojek dan 6 pendaki sudah diperjalanan ke basecamp,” ungkapnya. (MC/PC)

Foto: Instagram/@raungcamp

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.