Mengenal Destinasi Wisata Alam di Tahura Raden Soerjo

dok. tahuraradensoerjo.or.id

Mounture.com — Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo yang terletak di wilayah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu, Provinsi Jawa Timur menyimpan banyak destinasi wisata alam. Sebut saja, Gunung Arjuno – Welirang, Gunung Pundak, dan lainnya.

Wilayah Tahura Raden Soerjo ini memiliki luas 27.868,30 hektare, dengan rincian luas Kawasan Hutan Lindung 22.908,3 hektare, dan Kawasan Cagar Alam Arjuno-Lalijiwo (PHPA) 4.960 hektare. Di mana kawasan tersebut saat ini dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Udara yang sejuk serta hutan yang hijau dan rimbun membuat Tahura Raden Soerjo memiliki potensi besar untuk dijadikan kawasan wisata alam. Di Tahura Raden Soerjo terdapat pemandian air panas, air terjun serta sejumlah satwa liar seperti kera dan burung.

Adapun kawasan ini terbilang memiliki banyak destinasi wisata alam, salah satunya yang menjadi favorit adalah Gunung Arjuno – Welirang. Gunung yang memiliki ketinggian 3.338 meter di atas permukaan laut (mdpl) untuk Puncak Arjuno, dan 3.156 mdpl untuk Gunung Welirang.

Selain itu, ada destinasi Gunung Pundak, di mana gunung ini memiliki ketinggian 1.544 mdpl. Ada pula Pendakian Watu Jengger, yang mana ketinggian puncak mencapai 1.100 mdpl yang diklaim cocok untuk pendaki pemula.

Tak hanya itu, Tahura Raden Soerjo juga memiliki kawasan wisata alam lainnya, diantaranya pemandian air panas Cangar, air terjun Watu Ondo, air terjun Tretes – Jombang, air terjun Watu Lumpang, Petung Sewu, dan Loka Wiyata Surya.

Untuk destinasi wisata Cangar merupakan tempat pemandian air panas berkisar 45 – 50 derajat Celcius dengan latar belakang pemandangan hutan alam, dan panorama Gunung Welirang. Sementara Watu Ondo, seringkali disebut sebagai air terjun kembar, karena di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berhadapan, berjarak dua kilometer dari Cangar ke arah Pacet, Mojokerto.

Sedangkan air terjun Tretes merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 170 meter yang terletak di kaki gunung Gentong Gowah Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang.

Untuk air terjun Watu Lumpang, tidak hanya menawarkan satu air terjun, namun terdapat dua air terjun sekaligus. Adapun air terjun utama tidak langsung mengalir ke bawah, melainkan berjalan menuruni bebatuan dinding tebing.

Sementara Petung Sewu, merupakan spot untuk swafoto dengan latar belakang Gunung Welirang, dan panorama hutan bambu Petung Sewu. Destinasi ini berada di pinggir jalur alternatif Batu – Pacet.

Untuk loka wiyata Surya terletak di kawasan wisata Pacet, di mana lokasi ini terdapat dua air terjun Slumprit, dan Banyu Adem, serta Gunung Pundak – Pulosari. Di destinasi wisata ini terdapat lokasi camping ground, pendakian, hingga penangkaran rusa.

Tertarik berkunjung ke kawasan Tahura Raden Soerjo? Namun, perlu diingat, pengelola Tahura Raden Soerjo memberlakukan booking hingga pembelian tiket menuju ke objek wisata alam secara online melalui website tahuraradensoerjo.or.id. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.