Peralatan yang Harus Dibawa saat Naik Gunung untuk Keperluan Masak dan Makan

(dok. Mounture.com/Danang)

Mounture.com — Saat akan melakukan pendakian ke gunung, persiapan menjadi hal mutlak sebelum melakoni kegiatan di luar ruangan itu. Salah satunya, mempersiapkan peralatan pendukung pendakian, yaitu alat masak, dan makan.

Meski kalian bukan seorang juru masak, namun saat mendaki gunung peralatan-peralatan dapur tetap mesti dibawa. Sebab, peralatan-peralatan itu menjadi hal penting jikalau terjadi sesuatu saat pendakian, seperti tertinggal dari rombongan atau tersesat.

Nah, berikut ini beberapa alat dapur yang harus dibawa saat akan mendaki gunung.

1. Kompor

Kompor untuk pendakian seringkali disebut sebagai kompor lapangan. Memiliki bentuk yang kecil, serta bisa dilipat untuk dimasukkan ke dalam tas. Terdapat banyak jenis untuk kompor lapangan ini, dan itu tergantung selera pendaki mau membawa model apa yang penting memiliki fungsi yang sama pastinya.

2. Korek api

Meski bukan seorang perokok, namun korek api sangatlah berguna saat pendakian. Biar tidak lupa membawanya, kalian bisa menyelipkan korek api ini di tempat tas kompor lapangan.

3. Bahan bakar kompor

Bahan bakar untuk kompor menjadi benda yang dibutuhkan, sebab tanpa bahan bakar maka kompor tidak akan berguna. Pastikan sebelum melakukan pendakian kalian sudah mempersiapkannya, baik itu gas kaleng, atau spirtus.

4. Cooking set

Saat ini, pendaki dengan mudahnya membawa peralatan memasak. Sebab, banyak dijual di pasaran alat memasak yang menjadi satu set atau cooking set yang terdiri dari panci, hingga wajan. Harganya pun terjangkau, dan terbilang ringkas dalam hal pengemasan di dalam tas carrier.

5. Alat makan

Terdiri dari piring, gelas, sendok, dan garpu. Meski sering disepelekan, namun alat makan sangatlah penting untuk kegiatan pendakian untuk mempermudah kalian saat akan makan di atas, terlebih di saat pandemi Covid-19 ini setiap pendaki diharuskan membawa peralatannya masing-masing.

6. Pisau

Gunanya untuk memotong berbagai macam logistik yang akan dimasak, sebab jika lupa membawa benda ini maka kalian akan kerepotan saat memasak di tenda nantinya.

7. Botol air

Diperlukan untuk ketersediaan air bersih saat ngecamp. Selain itu, botol air juga dibutuhkan untuk keperluan memasak. Jadi pastikan setiap anggota pendakian, masing-masing membawa botol air cadangan untuk keperluan memasak agar tidak kerepotan.

8. Flysheet

Kendati sepele, namun benda ini memiliki banyak fungsi saat melakukan camp. Mulai dari pelindung dari hujan,hingga embun saat  memasak ataupun makan bareng dengan anggota kelompok pendakian. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.