Mengenal Jalur Pendakian Gunung Slamet via Sawangan

dok. kaskus.co.id/@pejalansantai

Mounture.com — Gunung Slamet yang berada di antara lima kabupaten, yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk mendaki ke gunung ini, ada beberapa jalur pendakian resmi yang bisa dilalui. Terbaru, ada jalur pendakian anyar untuk bisa menuju ke puncak Gunung Slamet, yaitu melalui jalur Sawangan.

Mengutip dari akun instagram Alif Kurniawan (@alifkurniawan3), belum lama ini, dijelaskan bahwa jalur pendakian Gunung Slamet via Sawangan merupakan jalur baru pendakian yang terletak di sisi barat Gunung Slamet. Adapun lokasi basecamp dari jalur Sawangan ini berada di Dusun Sawangan, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Basecamp Gunung Slamet via Sawangan (dok. instagram/@slamet_viasawangan)

Basecamp Sawangan sendiri merupakan basecamp tertinggi dari seluruh basecamp yang ada untuk mendaki Gunung Slamet. Ketinggian Basecamp Sawangan sudah berada di titik 1.800 mdpl. Untuk bisa mendaki ke Gunung Slamet via Sawangan, pendaki akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp20 ribu per orang.

Melalui jalur pendakian ini, pendaki akan melintasi enam pos pendakian, di mana terdapat satu mata air berupa sungai yang sangat jernih berada di Pos 4 (Camp Area). Di awal pendakian, pendaki akan melewati perkebunan warga. Uniknya, jalur pendakian ini memiliki ciri khas berupa vegetasi hutan yang masih sangat rapat.

salah satu penampakan jalur pendakian Gunung Slamet via Sawangan (dok. kaskus.co.id/@pejalansantai)

Di jalur via Sawangan ini, pendaki akan menemui tugu peringatan usai melintasi batas vegetasi. Mulai dari lokasi tugu peringatan itu, pihak pengelola jalur pendakian sudah tidak memperbolehkan pendaki untuk menuju ke puncak Gunung Slamet.

“Mulai dari lokasi itu (tugu peringatan) hingga ke puncak merupakan risiko yang ditanggung masing-masing,” tulis Alif melalui akun instagram-nya.

Dia pun berkisah, perjalanan ke puncak dari jalur Sawangan ini terbilang cukup berat. Sebab, pendaki akan memulai perjalanan ke puncak dari Pos 4 (Camp Area) yang tingginya baru 2.422 mdpl. “Apabila cerah, kita akan disuguhkan pemandangan Gunung Ciremai dari arah belakang kita berdiri dengan gagah mulai dari batas vegetasi,” tutupnya.

Jika kalian berminat untuk melakukan pendakian ke Gunung Slamet via Sawangan ini, maka kalian bisa menghubungi basecamp Bosapala di nomor 0823-1492-4630 atau instagram @slamet_viasawangan. (MC/PC)

Source: https://www.instagram.com/alifkurniawan3/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.