Mengenal Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

dok. Taman Nasional Gunung Merbabu

Mounture.com — Gunung Merbabu yang berada di tiga wilayah, yaitu Semarang, Boyolali, dan Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu taman nasional favorit pendaki. Gunung dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki lima jalur pendakian resmi, yakni Thekelan, Cuntel, Wekas, Suwanting, dan Selo.

Kali ini, Mounture.com akan mengulas mengenai jalur pendakian Gunung Merbabu via Wekas, di mana letak basecamp jalur pendakian ini berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Adapun jalur via Wekas ini disebut sebagai jalur pendek sehingga jarang terdapat lintasan yang datar membentang.

Untuk menuju ke Desa Wekas, pendaki bisa menggunakan moda transportasi jurusan Kopeng – Magelang, lalu turun di Kaponan, yakni sekitar 9 kilometer dari Kopeng, tepatnya di depan gapura Desa Wekas. Dari Kaponan pendaki berjalan kaki melewati jalanan berbatu sejauh sekitar 3 kilometer menuju pos pendakian.

Melalui jalur pendakian via Wekas ini, pendaki akan melintasi tiga pos pendakian, yang mana sumber mata air berada di Pos 2. Di lokasi sumber air ini, pendaki akan menemui dua buah aliran sungai yang sangat curam yang membentuk air terjun yang bertingkat-tingkat.

Jika melintasi jalur via Wekas ini, nantinya pendaki akan berjumpa dengan jalur via Cuntel dan Thekelan. Tak jauh dari persimpangan jalur, terdapat jalur menuju ke kawah Gunung Merbabu. Tidak banyak orang yang mengunjungi kawah itu, sebab kawah Gunung Merbabu yang tersembunyi itu mengeluarkan bau belerang yang pekat. (MC/PC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.