Ini Hal Menarik dari Gunung Andong

Mounture.com/Paijo

Mounture.com — Gunung Andong yang berada di Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi favorit para pendaki. Gunung dengan ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terbilang menjadi gunung yang ramah bagi pendaki, khususnya pemula.

Trek yang cukup terjangkau dan singkatnya waktu tempuh menjadi alasan gunung ini digemari banyak orang. Untuk bisa menggapai puncak gunung Andong, pengunjung cukup menempuh waktu satu hingga dua jam perjalanan.

Nah, berikut ini beberapa hal yang membuat menarik Gunung Andong seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cocok buat pendaki pemula

Dengan tinggi yang tidak begitu menjulang, gunung ini sangat cocok untuk para pendaki pemula. Selain jalur pendakiannya yang landai, waktu tempuhnya pun cukup singkat, dan tidak terlalu menguras tenaga.

2. Banyak jalur pendakian

Gunung ini memiliki banyak jalur pendakian, yang membuat pendaki bisa memilih akan melintasi jalur yang mana. Adapun jalur itu diantaranya via Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gogik, Dusun Temu, Dusun Kudusan, dan Dusun Sekararum.

3. Ada empat puncak

Terdapat empat puncak yang ada di Gunung Andong, diantaranya Puncak Makam, Jiwa, Andong, dan Alap-alap yang membentang dari barat ke timur. Puncak tertinggi adalah Puncak Andong, sedangkan Puncak Jiwa biasanya menjadi camping ground alias tempat ngecamp.

4. Ada makam di Puncak

Gunung ini memiliki keunikan, yaitu terdapat makam di puncaknya. Disebut Puncak Makam sebab di kawasan itu terdapat makam Kiai Abdul Faqih atau yang dikenal dengan Ki Joko Pekik, tokoh yang dihormati masyarakat setempat.

5. Pemandangan yang menarik

Dari puncak Gunung Andong, pendaki akan disuguhkan pemandangan berupa gunung-gunung yang ada di sekitarnya, antara lain Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, serta puncak Gunung Andong lainnya. Uniknya, ke semua gunung itu seakan mengelilingi Gunung Andong.

6. Ada warung di puncak

Seperti halnya Gunung Lawu, di Gunung Andong ini juga terdapat warung di puncaknya. Terdapat warung milik warga setempat yang akan memenuhi kebutuhan perut para pendaki.

7. Ada sinyal ponsel di Puncak Gunung Andong

Biasanya saat melakukan pendakian ke gunung, kesulitan utama yang akan dihadapi adalah tidak adanya sinyal ponsel. Namun, berbeda dengan Gunung Andong, di puncaknya terdapat kekuatan sinyal untuk ponsel tetap bisa berselancar di internet.

8. Bisa ngecamp atau tektok

Karena estimasi waktu tempuhnya terbilang nggak lama, maka jika melakukan pendakian ke gunung ini bisa dilakukan tektok, atau jika ingin ngecamp pun pendaki bisa melakukannya. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.