Perlengkapan yang Sering Dilupakan Pendaki Gunung

Ilustrasi (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Saat akan melakukan pendakian ke gunung, pendaki diharuskan menyiapkan segala macam keperluan demi kelancaran dan keamanan selama pendakian. Biasanya pendaki dalam hal mempersiapkan perlengkapan pendakian akan melakukan listing agar tidak terlupakan.

Namun, diantara barang-barang yang sudah dilisting pasti masih ada saja yang tertinggal bahkan terlupakan. Nah, berikut ini beberapa perlengkapan pendukung untuk melakukan kegiatan di alam bebas yang seringkali dilupakan.

1. Kompas

Kendati di era teknologi seperti saat ini semua bisa menggunakan peralatan digital. Namun untuk piranti satu ini masih sangat dibutuhkan untuk pendakian. Ya, kompas merupakan alat wajib untuk dibawa saat pendakian. Gunanya untuk mengetahui arah baik untuk naik atau turun gunung, maupun sebagai alat pencari arah kiblat di atas gunung.

2. Baterai Cadangan

Mesti terdengar sepele, namun baterai cadangan memiliki peranan penting dalam pendakian. Sebab, hampir semua peralatan yang digunakan saat mendaki gunung membutuhkan baterai. Mulai dari head lamp, lampu tenda, hingga peralatan lainnya.

3. Obat-obatan pribadi

Seringkali beberapa pendaki menganggap, obat-obatan akan dibawa oleh salah satu anggota tim. Namun, sebenarnya obat-obatan harus dimiliki oleh masing-masing individu agar lebih leluasa saat menggunakannya, tanpa perlu menunggu anggota tim yang membawa obat-obatan. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.