0

Perhatikan Tahap-tahap Ini Sebelum Memulai Pendakian

(Mounture.com) — Melakukan kegiatan pendakian harus dilakukan dengan cermat, hal ini diperlukan agar kita bisa terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan. Untuk itu, mempersiapkan dengan matang segala hal sebelum memulai pendakian adalah mutlak.

Berikut ini tahap-tahap yang harus dilakukan sebelum memulai pendakian, seperti dilansir dari akun Instagram @cozmeeder.

1. Cek Kondisi Tubuh

Sebelum memulai pendakian, pastikan kembali kesehatan kondisi tubuh, apakah benar-benar sehat dan siap untuk melakukan pendakian. Hal ini agar saat pendakian bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala.

2. Catat Barang Bawaan

Catat barang bawaan kalian, terutama adalah barang logistik yang berpotensi menjadi sampah, agar tidak tertinggal di atas gunung.

3. Pendaftaran di Basecamp

Sebelum memulai pendakian, pastikan kembali untuk melakukan pendaftaran di pos basecamp atau loket pendaftaran yang ada. Tunjukkan kartu identitas dan tulis berapa lama melakukan pendakian (naik kapan dan turun kapan) serta data semua anggota pendakian. Hal ini untuk mempermudah pendataan petugas agar mudah menindak lanjuti kejadian yang buruk.

Apabila pendaftaran sudah sistem online, maka serahkan bukti daftar online ke pihak pengelola dan pastikan nama-nama rombongan sudah tercantum jelas.

4. Tunjuk Leader dan Sweeper

Tunjuk 2 orang dari rombongan pendakian kalian untuk menjadi sweeper dan leader diutamakan yang mengetahui pasti medan gunung yang akan didaki, agar perjalanan lancar. Leader berada di posisi depan rombongan yang bertugas menunjukkan arah, dan sweeper bertugas di posisi paling belakang untuk memastikan tidak ada rombongan yang terpisah atau tertinggal.

5. Berdoa

Seberapa matang persiapan kita, jangan pernah lupa berdoa sesuai agama masing-masing agar diberi kelancaran dan keselamatan saat melakukan pendakian serta turun dengan selamat tanpa kurang apapun.

6. Jalan Berjajar Satu

Saat mendaki, berjalanlah dengan berjajar satu, karena lintasan yang sempit dengan urutan posisi pertama leader, terlemah dan yang terakhir sweeper.

Pastikan untuk selalu berjalan bersama, jangan membuat jarak terlalu lebar dengan rombongan, agar tidak terlepas dari rombongan yang mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan. Dan satu hal lagi yaitu, selalu bertingkah laku sopan selama melakukan pendakian, jangan buang sampah sembarangan dan bawa turun kembali sampah yang kalian bawa ke atas gunung. (MC/PC)

Foto: dok. Cozmeed