Mau Mendaki Gunung Gede Pangrango? Wajib Lakukan Ini

(Mounture.com) — Sebelum melakukan pendakian, pastinya kalian harus mempersiapkan segala aspek yang dibutuhkan saat akan mendaki gunung. Mulai dari mencari informasi mengenai gunung yang akan didaki, jalur yang akan ditempuh, hingga mengenai aturan-aturan yang ditetapkan oleh pihak pengelola jalur pendakian.

Adapun untuk aturan-aturan yang berlaku di gunung tidaklah sama, mulai dari penerapan tiket masuk hingga peralatan wajib yang dibawa oleh calon pendaki sebelum mendaki ke gunung tujuannya. Salah satunya adalah Gunung Gede Pangrango.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memberlakukan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh para calon pendaki. Mulai dari booking tiket secara online hingga aturan perlengkapan pendakian dan juga pengecekan kesehatan sebelum melakukan pendakian.

Berikut ini peraturan wajib yang harus dilakukan oleh pendaki di kawasan pendakian Gunung Gede Pangrango jika ingin mendaki ke gunung tersebut, seperti terlampir dari form pendaftaran booking online Gunung Gede Pangrango.

1. Berbadan sehat pada saat melakukan pendakian (tidak memiliki riwayat penyakit yang berbahaya seperti asma, tekanan darah tinggi, jantung atau penyakit lainnya yang berada dalam pengawasan dokter),

2. Masuk jalur pendakian antara pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB dan mendaki pada jalur yang sudah ditentukan/jalur resmi, yakni jalur Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana,

3. Membawa/menggunakan perlengkapan pendakian yang memenuhi persyaratan keselamatan dan kenyamanan, yaitu:
– Tenda kedap air
– Ransel/carier
– Matras/alas tidur
– Kantong tidur (sleeping bag)
– Sarung tangan
– Kaos kaki yang minimal menutupi mata kaki
– Celana (disarankan tidak menggunakan jeans)
– Sepatu gunung atau sepatu cats
– Jas hujan
– Lampu senter
– Peralatan memasak dan perbekalan makanan
– Obat-obatan pribadi dan kelompok
– Membawa kantong sampah (trash bag)

4. Mengisi form isian barang bawaan yang menghasilkan sampah,

5. Melakukan EVAKUASI MANDIRI terhadap rekannya yang sakit sebelum mendapatkan bantuan dari petugas.

6. Memprioritaskan penanganan bagi wanita yang sedang menstruasi, utamanya segera membawa turun korban tersebut apabila sudah menderita sakit. (MC/MF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.