0

Lakukan Hal Ini Saat akan Berkemah di Gunung

(Mounture.com) — Kegiatan pendakian tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan kemah atau mendirikan tenda. Pasalnya kegiatan kemah ini merupakan salah satu sarana untuk beristirahat setelah lelah melakukan perjalanan dan juga untuk menikmati suasana gunung yang bakal dirindukan.

Namun sebelum melakukan kemah atau mendirikan tenda, ada beberapa tahap-tahap yang harus dilakukan dan juga diperhatikan loh. Berikut ini tahap-tahapnya seperti dilansir dari akun instagram @cozmeeder.

1. Lokasi Berkemah Luas dan Datar

Pilih lokasi berkemah yang luas dan datar, supaya memudahkan kalian untuk mendirikan tenda serta bisa beristirahat dengan santai. Ingat jangan mendirikan tenda di sepanjang jalur pendakian ya, karena akan mengganggu pendaki lain yang akan lewat atau melintas.

2. Berkemah Dekat dengan Puncak

Jika kalian ingin menuju ke puncak gunung, ada baiknya kalian mendirikan tenda atau berkemah dekat dengan puncak, agar ketika melanjutkan perjalanan ke puncak kalian tidak perlu membawa semua barang bawaan kalian, karena bisa ditinggal di dalam tenda.

3. Buat Parit Kecil Mengelilingi Tenda

Hal ini bertujuan agar saat terjadi hujan ada jalan air untuk mengalir sehingga tidak membanjiri bagian bawah tenda kalian.

4. Memasak dan Makan

Karena perjalanan yang berat dan lingkungan yang dingin, tubuh memerlukan asupan kalori yang banyak, maka saat berkemah gunakan untuk memasak bahan logistik yang kalian bawa. Dan makanlah, agar kondisi tubuh kembali bertenaga agar bisa melanjutkan perjalanan di keesokan harinya.

5. Sediakan Tempat Sampah

Sediakan tempat sampah di dekat tempat berkemah kita, untuk menampung sampah logistik yang kita bawa agar sampah tidak berserakan.

6. Tidur dan Istirahat

Gunakan waktu berkemah untuk tidur dan beristirahat, minimal 3 jam, agar tubuh kembali bugar dan memiliki tenaga untuk melanjutkan perjalanan kembali.

Sekedar catatan, jika kalian membuat api unggun pastikan di atas tanah dan buatlah lubang di atas tanah tersebut. Jika api unggun sudah tidak diperlukan padamkan api hingga benar-benar padam, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, jika ingin melanjutkan perjalanan ke puncak gunung bawa barang seperlunya, karena semakin tinggi maka oksigen akan semakin tipis dan tubuh semakin lemas. Bawalah logistik seperti makanan ringan, air mineral secukupnya dan juga bawa peralatan pendukung seperti senter atau headlamp dan juga kenakan pakaian yang safety.

Tak hanya itu, jika kalian ingin melanjutkan ke puncak, jangan semua rombongan ikut menuju ke puncak, setidaknya satu atau dua orang ditugasi untuk menjaga tenda yang akan kalian tinggal ke puncak. (MC/PC)