0

Siapkan Konsumsi saat Naik Gunung? Perhatikan Hal Ini

  • 28 Agustus 2021 07:05

(dok. Mounture.com/Danang)

Mounture.com — Saat melakukan pendakian ke gunung, pendaki harus menyiapkan segala macam keperluan dengan cermat dan tepat. Salah satunya, konsumsi saat di camp area atau ketika di perjalanan. Adapun konsumsi dibutuhkan untuk menjaga stamina agar tetap fit selama pendakian berlangsung.

Namun, kadang kala pendaki menganggap sepele terkait konsumsi ini. Di mana, biasanya pendaki tidak mempersiapkan segala hal mengenai konsumsi dengan baik. Hal ini membuat pendaki akan bingung ketika akan masak di camp area, bahkan akhirnya malah makan seadanya tanpa mempertimbangkan asupan gizi yang diperlukan.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan pendaki terkait konsumsi saat pendakian seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tentukan budget

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan budget konsumsi saat pendakian. Gunanya adalah untuk lebih mengefisiensikan pengeluaran agar tidak boros karena asal membeli logistik.

2. Buat daftar menu

Selanjutnya adalah dengan membuat daftar menu, di mana kalian bisa menentukan menu apa yang akan dimasak saat di camp area nanti. Hal ini agar kalian bisa mempersiapkan semuanya, mulai dari belanja ke pasar atau mini market yang ada di dekat basecamp hingga efisiensi pengeluaran.

3. Bikin jadwal menu

Selain membuat daftar menu, kalian bisa juga menyiapkan jadwal menu yang akan dimakan. Pastikan jadwal menu kalian disesuaikan dengan lamanya pendakian. Selain itu, buat jadwal menu yang disesuaikan seperti saat pagi, siang atau malam.

Adapun jadwal menu ini diperlukan agar kalian tidak bingung ketika akan memulai masak di camp area. Tak hanya itu, jadwal menu juga bisa membuat kalian bisa menyesuaikan waktu memasak dilakukan kapan dan di mana saja. (MC/PC)