0

Banyak Khasiatnya, Ini Cara Manfaatkan Tumbuhan Meniran

  • 29 Agustus 2021 07:05

Daun Meniran (dok. Bukalapak.com/Syahferianwar)

Mounture.com — Meniran atau Phyllanthus urinaria merupakan salah satu tumbuhan liar yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Kendati sering dianggap sebagai tanaman pengganggu, namun ternyata tumbuhan yang memiliki bentuk batang bulat tegak lurus dengan tinggi mencapai satu meter lebih ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Secara tradisional, tumbuhan Meniran ini bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Sebab, tumbuhan ini memiliki kandungan zat yaitu filatin, kalium, damar atau tanin dan zat penyamak.

Bahkan berbagai penelitian ilmiah disebut berhasil membuktikan bahwa ekstrak daun meniran efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti batu ginjal, asam urat, radang sendi, penyakit hepatitis dan sebagainya. Tak hanya itu, daun meniran diyakini dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

Nah, berikut ini cara memanfaatkan tumbuhan meniran sebagai obat herbal, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Obat dalam

Tumbuhan Meniran ini bisa dijadikan sebagai obat dalam, dengan cara diminum sari daunnya. Caranya, Anda bisa merebus daun meniran segar atau kering sesuai dengan jumlah yang disarankan dan meminum air rebusan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa meminumnya dengan cara meminum air perasan daun meniran yang sudah dihaluskan.

2. Obat luar

Tak hanya sebagai obat dalam, namun daun meniran juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luar. Caranya, Anda dapat mengoleskan daun meniran yang sudah dihaluskan ke permukaan kulit yang ingin diobati. (MC/PC)