Mau Trail Run? Ini Tipsnya

(Mounture.com) — Bagi pecinta olahraga lari, pastinya ingin merasakan aktivitas lari di alam bebas atau biasa dikenal dengan sebutan trail run. Selain memberikan suasana yang jauh berbeda dengan lari di trek atau di jalanan, trail run disebut tidak membosankan.

Selain itu, trail run terbilang lebih aman, bebas kendaraan, bebas polusi dan pastinya membuat jiwa menjadi damai dengan suasana pegunungan yang sunyi dan segar. Nah, bagi kalian yang baru akan melakukan kegiatan trail run ini, berikut beberapa tips melakukan trail run, seperti dilansir dari laman Eiger Adventure, belum lama ini.

1. Bagi kalian yang baru pertama kali melakukan kegiatan lari trail, jangan sekalipun mencoba untuk berlari sendirian ke dalam hutan atau gunung. Bahkan, untuk seorang yang sudah berpengalaman pun setidaknya harus berlari minimal berpasangan.

2. Mulailah dari lokasi yang tidak terlalu jauh dan dengan jarak yang pendek untuk mengenali medan sebelumnya.

3. Perhatikan pula kebutuhan hydration dan asupan, karena kalian akan melakukan petualangan yang jauh dari keramaian.

4. Gunakan sepatu khusus lari trail dengan sol yang lebih bergigi agar daya cengkeram lebih baik. Gunakan pula ukuran sepatu yang umumnya 0,5 – 1 nomor lebih besar dibanding dengan sepatu on-road. Hal ini berguna memberi ruang saat trek menurun, di mana berat badan akan banyak bertumpu ke ujung jari kaki.

5. Gunakan pakaian berwarna cerah mencolok agar lebih mudah terlihat. Hal ini untuk mencegah kalian terpisah dari kelompok pelari lainnya.

6. Membawa obat-obatan yang diperlukan dan perlengkapan jas hujan yang berbahan tipis dan ringan untuk antisipasi jika hujan turun.

7. Gunakan headlamp jika kalian menempuh waktu berlari yang lebih lama.

8. Hindari menggunakan earphone saat berlari, karena akan membahayakan diri sendiri jika ada sesuatu yang terjadi di sekitar. Kalian bisa menikmati suara alam yang bahkan lebih merdu dan membuat kalian menjadi lebih rileks. (MC/EI)

Foto: dok. Eiger Adventure

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.