Ini Manfaat Hutan Hujan Tropis untuk Kehidupan

(Mounture.com) — Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki luas hutan terbesar di dunia. Melansir data Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan disebutkan bahwa total luas hutan di Indonesia sebanyak 128 juta hektare.

Dari total luas tersebut, sebagian besar hutan yang ada di Indonesia memiliki kategori hutan hujan tropis. Adapun hutan hujan tropis memiliki segudang manfaat bagi kehidupan manusia, hewan dan juga tumbuhan. Tapi, masih banyak di antara kita yang masih kurang peduli dengan kelestariannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat hutan hujan tropis yang perlu diketahui seperti melansir laman Eiger Adventure, belum lama ini.

1. Menyeimbangkan ekosistem,

Hutan hujan tropis tidak hanya membantu menyeimbangkan ekosistem suatu daerah, namun juga untuk seluruh dunia. Selain itu, hutan hujan juga membantu menyeimbangkan iklim, salah satunya dengan penyerapan karbon dioksida dari atmosfer.

2. Menyuplai oksigen,

Dengan banyaknya spesies tumbuhan yang ada di sana, oksigen yang dihasilkan di hutan hujan dapat memenuhi 40 persen oksigen yang ada di dunia.

3. Menjadi daerah resapan air,

Hutan hujan tropis memiliki curah hujan yang cukup tinggi, sehingga memungkinkan menjadikan daerah ini sebagai wilayah serapan air. Tak sekadar sebagai daerah serapan air, hutan hujan tropis juga memiliki fungsi sebagai penjaga siklus air.

4. Mencegah banjir dan tanah longsor,

Sebagai daerah serapan air, tentunya hutan hujan juga memiliki peran dalam mengatasi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

5. Menjadi habitat satwa,

Hutan hujan tropis mempunyai vegetasi flora dan fauna yang sangat beragam, bahkan hampir 2/3 hewan-hewan yang ada di dunia ini berasal dari hutan hujan tropis. (MC/EI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.