Sebelum Panjat Tebing, Lakukan Hal Ini

(Mounture.com) — Panjat tebing adalah salah satu olahraga ekstrim yang membutuhkan pengetahuan dan juga keterampilan memadai. Bagi kalian yang baru akan mencoba melakukan kegiatan ini, disarankan untuk banyak mempelajari teknik-teknik dasarnya agar aktivitas tersebut berjalan dengan lancar dan aman.

Berikut ini beberapa yang hal yang harus dilakukan sebelum melakukan panjat tebing, seperti dilansir dari laman Eiger Adventure, belum lama ini.

1. Cek simpul-simpul yang digunakan di tubuh, pengaman, dan lainnya,

2. Cek semua perlengkapan yang menggunakan jahitan,

3. Jika menggunakan sabuk pengaman atau harness, perhatikan pengunci pada buckle,

4. Buka ikatan tali yang akan digunakan, urai dan urut dengan setengah menekan dari ujung yang satu hingga ujung yang lain,

5. Leader atau pemanjat memasang simpul delapan ujung tali pada harness,

6. Belayer atau penambat memasang alat belay,

7. Belayer melakukan pengecekan pada leader: posisi harness di atas tulang panggul dan di pangkal paha, kekencangannya cukup, buckle terpasang dengan benar, simpul delapan ujung tali terpasang dengan benar, helm terpasang dengan benar,

8. Leader melakukan pengecekan pada belayer: posisi harness di atas panggul dan di pangkal paha, kekencangannya cukup, buckle terpasang dengan benar, alat belay terpasang dengan benar, carabiner terkunci, helm terpasang dengan benar. (MC/EI)

Foto: dok. Eiger Adventure

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.