Mau Solo Camping? Ini Tipsnya

(Mounture.com) — Tak melulu beramai-ramai, melakukan camping (berkemah) ke gunung pun bisa dilakukan seorang diri (solo). Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan kegiatan berkemah seorang diri, agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Nah, berikut ini tips melakukan solo camping, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Tentukan lokasi berkemah,

Carilah tempat berkemah yang sesuai dengan keinginan kalian, seperti daerah perbukitan, pantai atau hutan. Namun, pilihlah lokasi berkemah yang tidak terlalu jauh, mudah diakses, serta aman ya.

2. Tentukan durasi melakukan kemah,

Usai menentukan lokasi untuk berkemah, selanjutnya adalah menentukan berapa lama waktu yang akan kalian habiskan untuk melakukan berkemah tersebut. Lama berkemah harus kalian perhitungkan, sebab akan berhubungan dengan perbekalan yang harus dibawa selama kemah. Putuskan secara bijak, jangan sampai lama berkemah dan persediaan bekal kalian tidak sesuai.

3. Bawa Peralatan yang memadai,

Hal ini diperlukan dan perlu perhitungan yang matang, mulai dari peralatan yang dibutuhkan untuk berkemah, seperti tenda, sleeping bag hingga peralatan masak dan makan. Pilihlah kebutuhan sesuai destinasi yang dituju dan yang mudah dibawa.

4. Bawa logistik,

Persiapan logistik harus disesuaikan dengan lamanya kalian akan berkemah. Sebaiknya, kalian membuat daftar barang yang harus dibawa, mulai dari makanan hingga kebutuhan P3K.

5. Tentukan kegiatan yang akan dilakukan saat berkemah,

Berkemah merupakan kegiatan bersenang-senang, oleh karenanya kalian harus benar-benar meluangkan waktu saat berkemah dengan kegiatan yang menyenangkan demi melepaskan kepenatan akan rutinitas sehari-hari. Buatlah daftar kegiatan seru untuk mengisi waktu selama berkemah, seperti mencari spot foto atau kegiatan lainnya. (MC/RL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.