3 Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mendaki Bareng Rombongan

(Mounture.com) — Melakukan pendakian ke gunung pastinya akan lebih seru ketika dilakoni bersama dengan rombongan. Pasalnya, mendaki bersama dengan rombongan akan lebih mengasyikkan dan penuh dengan cerita dibandingkan hanya dengan beberapa orang saja.

Namun, ada kalanya mendaki bersama rombongan pun kalian harus mempersiapkan beberapa hal agar pendakian kalian berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun yang membuat bahaya. Nah, berikut ini 3 hal yang perlu kalian persiapkan saat mendaki bareng rombongan.

1. Persiapan fisik,

Aktivitas mendaki gunung merupakan kegiatan yang membutuhkan fisik yang kuat. Namun, setiap individu memiliki ketahanan fisik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, demi mencegah hal-hal yang nantinya malah akan membuat repot rombongan kalian, ada baiknya kalian sebelum melakukan pendakian harus mempersiapkan fisik dengan baik.

Mulai dari olahraga ringan, seperti berlari atau jalan maupun olahraga lainnya yang membuat ketahanan fisik dan stamina kalian menjadi lebih terjaga.

2. Berbagi beban,

Semakin banyak anggota rombongan, pastinya akan semakin banyak pula barang bawaan yang harus dibawa. Adapun solusinya adalah saling berbagi beban bawaan. Akan lebih baik jika barang-barang yang digunakan untuk kepentingan rombongan dibagi rata ke setiap anggota. Biasanya, pembagian dilakukan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

3. Urutan mendaki,

Kebanyakan pendaki tersesat atau tertinggal dari rombongan karena urutan mendaki yang salah. Sebaiknya pendaki dengan ketahanan fisik yang lemah berada di posisi depan atau tengah-tengah rombongan, sementara yang memiliki ketahanan fisik kuat dan berpengalaman berada di paling belakang untuk mengontrol sekaligus melakukan koordinasi barisan.

Jangan lupa juga lakukan pembentukan tim, mulai dari leader hingga sweeper. Dan yang paling penting dari pendakian bersama dengan rombongan adalah kekompakan tim selama mendaki gunung. (MC/RL)

Foto: dok. Cozmeed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.