Estimasi Waktu Mendaki Gunung Arjuno – Welirang via Cangar

Gunung Arjuno Welirang (dok. http://tahuraradensoerjo.or.id/)

Mounture.com — Gunung Arjuno – Welirang merupakan gunung yang berada di Provinsi Jawa Timur, kedua gunung ini memiliki jarak yang berdekatan dan memiliki jalur pendakian yang sama. Untuk bisa mendaki kedua gunung ini, pendaki bisa melalui 4 jalur pendakian resmi, yakni Cangar, Lawang, Tambaksari, dan Tretes.

Untuk kali ini, Mounture.com akan membahas mengenai jalur pendakian via Cangar. Jalur pendakian via Cangar sering disebut jalur Sumber Brantas atau via Batu. Jalur pendakian ini berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto.

Jika kalian mendaki Gunung Arjuno – Welirang via Cangar, maka jarak yang akan ditempuh akan lebih jauh jika dibandingkan dengan jalur-jalur pendakian lainnya. Namun, jalur via Cangar ini terbilang lebih mudah, tetapi di jalur ini tidak memiliki sumber air.

Selain itu, jalur pendakian ini cenderung lebih dekat ke Gunung Welirang dibandingkan Gunung Arjuno. Untuk mendaki ke Gunung Arjuno kalian harus melintasi 5 pos pendakian sebelum ke puncaknya, sedangkan ke Gunung Welirang, kalian akan melintasi 3 pos pendakian saja.

Adapun estimasi waktu yang diperlukan untuk mendaki via Cangar ini sekitar 7-8 jam perjalanan untuk sampai ke Puncak Gunung Arjuno. Sementara untuk ke Gunung Welirang sekitar 4-5 jam perjalanan. Rincinya, dari basecamp ke Pos 1 kalian bisa menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 – 2 jam perjalanan, lalu Pos 1 ke Pos 2 ditempuh kurang lebih 1 – 2 jam perjalanan.

Selanjutnya Pos 2 – Pos 3 bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Untuk menuju ke Puncak Gunung Welirang, perjalanan dari Pos 2 – Puncak bisa ditempuh selama kurang lebih 1-2 jam perjalanan. Dari Pos 3 ke Lembah Lengkehan ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Kemudian dari Lembah Lengkehan ke Lapangan Kotak ditempuh kurang lebih 1-2 jam perjalanan, dan Lapangan Kotak ke Puncak Gunung Arjuno bisa ditempuh selama kurang lebih 2,5 – 3 jam perjalanan. Perlu diingat, estimasi waktu ini bisa berbeda-beda dan hanya dijadikan sebagai gambaran saja, sebab masing-masing individu memiliki fisik dan mental yang berbeda-beda. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.