Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Batal Dibuka, Ini Alasannya

Pintu gerbang Cemoro Sewu (dok.ngancar.magetan.go.id)

Mounture.com — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan mengumumkan pembatalan uji coba pembukaan kegiatan pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu yang sedianya akan dibuka pada 11 September 2021 kemarin.

Adapun pembatalan ini berdasarkan surat edaran Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, Joko Trihono. Dalam surat itu disebutkan bahwa pembatalan pembukaan jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu dikarenakan adanya instruksi Menteri Dalam Negeri yang belum membolehkan wilayah PPKM level 3 untuk membuka tempat wisata umum.

“Menindaklanjuti Surat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Nomor 556/488/403.102/2021 perihal uji coba pendakian Puncak Lawu, maka dengan ini kami nyatakan bahwa surat dimaksud kami cabut dan tempat wisata masih ditutup sementara,” tulis surat edaran terbaru Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan telah mengirimkan surat kepada Administrasi Perum Perhutani KPH Lawu DS yang memperbolehkan kegiatan wisata minat khusus pendakian Puncak Lawu untuk dapat dilakukan uji coba pembukaan dengan beberapa ketentuan.

Kendati demikian, bagi pendaki yang masih ingin melakukan pendakian ke Gunung Lawu masih bisa melalui jalur pendakian lain yang telah dibuka uji coba, seperti jalur pendakian Cemoro Kandang dan Candi Ceto di wilayah Jawa Tengah. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.