Mau Beli Headlamp, Perhatikan Ini

Ilustrasi penggunaan headlamp (Mounture.com/DenChito)

Mounture.comHeadlamp merupakan salah satu alat yang dibutuhkan saat melakukan pendakian. Lampu yang diletakkan di kepala itu menjadi barang penting ketika melakukan aktivitas di luar ruang (outdoor) terlebih ketika di malam hari.

Headlamp didesain sedemikian rupa agar penggunaannya tidak mengganggu saat beraktivitas, jika dibandingkan dengan menggunakan senter di tangan. Oleh karena itu, headlamp sangat direkomendasikan untuk dibawa saat ingin melakukan pendakian ke gunung.

Nah, sebelum membeli headlamp, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bobot headlamp

Sebisa mungkin pilihlah headlamp yang memiliki bobot ringan, sebab dengan bobot ringan maka akan membuat kepala kalian tidak merasakan kelelahan saat menggunakannya. Selain itu, dengan bobot ringan juga membuat kalian tidak malas untuk membawanya.

2. Fitur headlamp

Headlamp memiliki beberapa fitur penting, salah satunya adalah red lamp. Adapun red lamp ini berfungsi untuk situasi darurat saat di jalur pendakian sebagai penanda. Selain itu, red lamp juga bisa difungsikan untuk penerangan yang redup, seperti saat akan buang hajat.

3. Daya tahan baterai

Saat ini headlamp ada yang menggunakan mode isi ulang baterai, jadi kalian tidak perlu repot membawa baterai cadangan lagi. Oleh karena itu, pilihlah headlamp yang memiliki masa pakai baterainya lama, agar kalian juga bisa menggunakannya tanpa khawatir keabisan baterai di tengah jalan.

4. Daya cahaya

Pilihlah tingkat lumens yang cukup tinggi angkanya, gunanya agar penerangan menjadi lebih terang. Selain itu, kalian juga bisa mempertimbangkan headlamp dengan beberapa fitur penerangan, seperti penerangan redup, sedang, dan tinggi. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.