Lakukan 5 Hal Ini Saat Tersasar di Gunung

(Mounture.com) — Dalam melakukan aktivitas mendaki gunung, kekhawatiran terbesar adalah saat kalian tersasar atau terpisah dari rombongan pendakian. Namun, untuk menghadapi kondisi seperti itu, pastikan bahwa kalian jangan panik agar semuanya berjalan dengan baik.

Berikut ini 5 hal yang harus kalian lakukan ketika tersasar di gunung untuk tetap bertahan hidup sembari menunggu pertolongan datang.

1. Jangan panik.

Memang situasi saat bertahan hidup sangat mencekam dan bahkan mengerikan. Tapi, kalian butuh pikiran tenang dan hadapi dengan rasa optimis.

2. Kenali lingkungan sekitar.

Pelajari arah dasar, seperti matahari yang terbit di timur dan tenggelam di barat, serta kenali arah mata angin. Setelah itu, tandai lokasi kalian menggunakan kain atau kertas.

3. Nyalakan api.

Sebelum matahari terbenam, mulailah menyalakan api menggunakan peralatan yang kalian miliki atau dengan cara manual. Carilah area yang aman untuk menyalakan api, seperti lahan terbuka dan tidak terlalu dekat dengan pohon serta semak.

4. Buat tempat berlindung.

Setelah memperhatikan cara berpakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca saat itu, kalian juga harus mencari atau membuat tempat berlindung atau shelter. Gunakan patahan kayu yang disusun membentuk huruf ‘A’, kemudian letakkan dedaunan di atasnya.

5. Temukan sumber air.

Di dalam situasi ini, kalian harus memperhatikan tubuh agar tidak dehidrasi. Temukan sumber air terdekat dan minumlah secukupnya. (MC/RL)

Foto: dok. Eiger

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.