Ini Tips Mendaki Gunung Saat Datang Bulan untuk Wanita

(Mounture.com) — Melakukan kegiatan pendakian ke gunung tidak semata-mata dilakukan oleh kaum pria, tetapi kaum hawa pun banyak yang melakoni aktivitas tersebut. Namun, bagi wanita persoalan datang bulan atau menstruasi saat melakukan pendakian biasanya menjadi masalah yang cukup merisaukan.

Untuk itu, persiapan sebelum melakukan pendakian pun harus ekstra dilakukan terlebih kalian juga harus memperhitungkan waktu datang bulan, agar kalian bisa lebih siap saat melakukan pendakian. Nah, berikut ini beberapa tips mendaki gunung saat datang bulan atau menstruasi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bawa pembalut

Pastikan selalu membawa pembalut saat melakukan pendakian ketika sedang datang bulan. Disarankan membawa pembalut lebih banyak, hal ini untuk mengantisipasi kekurangan stok yang kalian punya ketika di atas gunung.

2. Katakan kepada teman pendakian

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika dalam pendakian, kalian bisa menginformasikan hal tersebut kepada teman pendakian. Hal tersebut untuk teman pendakian mengetahui kondisi yang kalian alami, dan sebisa mungkin teman kalian pun akan selalu menjaga secara ekstra selama melakukan pendakian.

3. Minum pereda nyeri haid

Biasanya saat menstruasi perut menjadi tidak karu karuan, nyeri perut adalah hal yang tidak asing lagi saat datang bulan. Boleh sesekali kita meminum pereda nyeri saat mendaki untuk meredakan nyeri tersebut dan tidak mengganggu perjalanan saat mendaki.

4. Ganti pembalut sesering mungkin

Agar pendakian menjadi lebih nyaman, disarankan untuk melakukan penggantian pembalut sesering mungkin. Selain demi kenyamanan saat mendaki, mengganti pembalut juga baik untuk kesehatan kalian.

5. Buang dan simpan pembalut bekas dengan benar

Bersihkan terlebih dahulu pembalut bekas tersebut, kemudian masukkan ke dalam kantung plastik dan jangan membuang sampah pembalut bekas di area pendakian. Bawa dan simpan sampai kalian turun gunung. (MC/RL)

Foto: Instagram/@novi_ekasulistia

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.