Sekilas Tentang Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Timbanuh

(Mounture.com) — Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki beberapa jalur pendakian resmi yang bisa dilalui oleh para pendaki, diantaranya Sembalun, Senaru, Timbanuh dan Aik Berik.

Adapun salah satu jalur resmi yang dapat menguras adrenalin kalian ketika mendaki gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu adalah jalur Timbanuh.

Pada jalur ini, kalian akan melewati hutan lebat layaknya jalur Senaru, kemudian ada juga momen menyeberangi sungai yang jernih dan akan melewati padang savana penuh dengan bunga edelweiss menjelang sampai di pelawangan Timbanuh.

Mendaki melalui jalur Timbanuh ini, kalian dapat mendaki ke puncak ke-2 Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.150 mdpl atau biasa di sebut Puncak Selatan dan juga ke danau Segara Anak maupun ke gunung Baru Jari. Waktu tempuh dari Timbanuh ke Pelawangan kurang lebih 7 jam perjalanan normal.

dok. Instagram/@adi_c

Bagi kalian yang pemula, disarankan untuk mendaki hanya sampai Pelawangan dan ke Puncak Selatan Gunung Rinjani saja. Sedangkan untuk turun ke danau masih terlalu beresiko, pasalnya jalur turun ke Danau Segara Anak terbilang agak curam dan berbahaya.

Sebagai gambaran, jika kalian pernah mendaki melintasi jalur Senaru kemudian turun ke Danau Segara Anak, mungkin kalian bisa membayangkan bahwa jalur ini jauh lebih curam dan jika memang harus turun ke danau, sebaiknya diusahakan untuk tidak membawa beban di puncak yang berlebihan untuk menjaga keseimbangan waktu turun dari tebing dan juga kalian harus lebih hati-hati dalam melangkah.

Selain itu, disarankan juga untuk menggunakan jasa guide atau porter dari Timbanuh atau Tetebatu untuk membantu kelancaran pendakian ke Gunung Rinjani melalui jalur Timbanuh ini dan harus tetap waspada ketika menuruni tebing dari Pelawangan ke Gunung Baru Jari, karena di tempat ini sering terjadi kecelakaan yang berakibat fatal.

Kendati demikian, saat ini pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) hanya memperbolehkan pendakian ke Gunung Rinjani sampai di Pelawangan saja, baik itu Pelawangan Sembalun, Senaru, Aik Berik maupun Timbanuh. (MC/RL)

Foto: Instagram/@veteran_adventure 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.