Kiat Pilih Sepatu untuk Trail Run

Sepatu Trail Run (Arei Outdoor Gear)

Mounture.com — Belakangan ini, tren lari di alam bebas atau biasa disebut trail run sedang banyak digandrungi. Olahraga lari di alam bebas itu disebut tidak membosankan sebab memberikan suasana yang jauh berbeda dengan lari di trek atau jalanan.

Namun sebelum melakukan olahraga tersebut, kalian pun perlu mempersiapkan segala macam perlengkapannya untuk kenyamanan, keamanan dan keselamatan selama melakukan trail run. Salah satunya ialah sepatu yang digunakan.

Baca: Mau Trail Run? Ini Tipsnya

Dikutip dari laman Arei Outdoor Gear, berikut ini kiat memilih sepatu untuk kegiatan trail run.

1. Tidak menutup bagian pergelangan kaki

Bentuk sepatu trail running akan menunjang kenyamanan pemakainya saat berlari, jika kalian ingin lebih leluasa ada baiknya memakai sepatu yang tidak menutup pergelangan kaki terlalu tinggi. Sebab, sepatu yang menutupi pergelangan kaki terlalu tinggi akan membatasi gerak kalian saat berlari.

2. Sol sepatu dilengkapi fitur cengkraman yang kuat

Ketika memilih sepatu untuk trail run, sebaiknya memperhatikan area sol sepatu yang bersentuhan langsung dengan trek.

Bagian tersebut adalah outsole, kalian harus memperhatikan apakah bagian outsole tersebut disertai cengkraman kokoh dan kuat atau tidak karena pelari membutuhkan sepatu dengan outsole yang kuat karena model ini juga dilengkapi dengan fitur anti slip, fitur tersebut diketahui dapat meminimalisir risiko pelari terpeleset di perjalanan.

3. Hindari sepatu berukuran terlalu pas

Pertimbangkan faktor ukuran saat membeli sepatu trail running. Sebaiknya kalian tidak memilih sepatu dengan ukuran terlalu pas di kaki. Hal ini bertujuan agar ruang gerak kalian tidak terbatas saat menempuh lintasan rumit.

Oleh sebab itu, carilah sepatu dengan ruang sedikit lebih besar agar kalian mampu berlari secara leluasa. Memilih sepatu dengan ukuran agak besar tentu akan membuat perjalanan terasa lebih fleksibel. (MC/AO)