0

TN Baluran Kembali Dibuka, Ini Syarat untuk Pengunjung

dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo

Mounture.com — Usai ditutup lama karena pandemi covid-19, akhirnya Taman Nasional (TN) Baluran resmi dibuka kembali sejak 1 Januari 2022 kemarin. Adapun pembukaan tersebut berdasarkan surat edaran Kepala Balai TN Baluran bernomor SE.769/T.37/TU/KSA.1/12/2021 tentang Pembukaan Kunjungan Wisata pada Objek Wisata dan Daya Tarik Wisata Alam Taman Nasional Baluran.

Dalam surat edaran tersebut, dijelaskan bahwa pembukaan objek wisata yang berada di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur itu dilakukan berdasarkan surat edaran Bupati Situbondo Nomor: 443.1/221/431.004.2/2021 tertanggal 22 Desember 2021.

“Maka Taman Nasional Baluran sejak tanggal 1 Januari 2022 dibuka untuk kunjungan wisata dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi,” tulis surat edaran TN Baluran.

Adapun untuk bisa berkunjung ke TN Baluran, pengunjung diharuskan melakukan booking online melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp di nomor 0812-1773-8500. Selain itu, pengunjung juga diharuskan menunjukkan identitas diri berupa KTP ataupun kartu identitas yang masih berlaku.

“Taman Nasional Baluran mulai dibuka kembali untuk kunjungan wisata dan antusiasme masyarakat untuk berwisata alam di Taman Nasional Baluran cukup tinggi. Namun demikian protokol kesehatan tetap harus dijaga dan salah satu syarat untuk bisa masuk Taman Nasional Baluran pengunjung harus sudah divaksin Covid19,” tulis akun instagram resmi TN Baluran (@btn_baluran).

TN Baluran pun menyediakan posko vaksinasi bagi pengunjung yang belum divaksin covid-19. “Untuk pengunjung yang belum divaksin tidak perlu khawatir, karena di pintu masuk tersedia poskovaksinasi dari Puskesmas Wonorejo sehingga pengunjung bisa langsung vaksin di tempat dengan menunjukan kartu identitas berupa KTP,” tulis TN Baluran. (MC/RIL)