0

Kiat Melakukan Pendakian Tek-tok

Ilustrasi (Foto: dok. Eiger Adventure)

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung tak melulu banyak menghabiskan waktu, tetapi ada juga yang bisa menghemat waktu dengan melakukan pendakian tek-tok alias pulang pergi tanpa melakukan camp atau mendirikan tenda.

Bagi sebagian pendaki, melakukan pendakian secara tek-tok memiliki sensasi tersendiri. Namun demikian, pendakian tek-tok memerlukan persiapan yang matang, mulai dari gunung yang didaki, hingga fisik.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kiat melakukan pendakian tek-tok yang bisa dilakukan.

1. Tentukan gunung yang akan didaki

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan pendakian tek-tok ialah dengan menentukan tujuan dari gunung yang akan didaki. Pilih gunung dengan waktu pendakian yang singkat, antara dua hingga lima jam.

2. Siapkan fisik

Langkah selanjutnya ialah menyiapkan fisik. Kendati hanya pendakian singkat, tetapi kalian wajib dalam keadaan sehat. Tubuh yang kurang fit hanya akan menghambat kegiatan mendaki dan menyulitkan rekan lainnya.

Sebelum mendaki lakukan pemanasan lebih dulu sekitar sepuluh hingga lima belas menit supaya tubuh tidak kaku dan mengalami kram.

Selain pemanasan, kalian pun tidak boleh membiarkan perut dalam keadaan kosong saat mendaki. Sebab, tubuh yang kekurangan nutrisi akan membuat kalian cepat lelah. Konsumsi makanan bergizi dan multivitamin jika diperlukan.

BACA JUGA: Ini Mekanisme Mendaki Tektok Gunung Ciremai

3. Gunakan perlengkapan yang tepat

Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan nyaman dikenakan. Siapkan juga baju hangat, sweater, atau jaket untuk menghalau udara dingin. Selain itu, kalian pun wajib menggunakan sepatu gunung khusus untuk mendaki gunung.

4. Peralatan yang memadai

Melakukan pendakian tek-tok bukan berarti mengabaikan keselamatan dan keamanan. Pastikan untuk membawa peralatan wajib seperti peta, kompas, senter, pakaian tambahan, peluit, pisau, tambang, pemantik api, identitas diri, radio dua arah, dan kotak P3K.

Peralatan tersebut sangat penting untuk membantu kalian di saat darurat. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kalian tidak perlu panik karena tersedia alat yang bisa digunakan untuk melakukan pertolongan pertama.

BACA JUGA: Catatan Perjalanan: Pendakian Solo dan Tektok Gunung Lawu via Singolangu

5. Bawa logistik sesuai kebutuhan

Bawalah perbekalan logistik makan dan minum untuk satu hari, namun hindari makanan yang mudah basi. Selain makanan, siapkan minuman yang cukup karena mendaki mengeluarkan banyak tenaga.

Karena durasi pendakian yang singkat, sebaiknya tidak membawa makanan dalam jumlah yang terlalu banyak, namun juga tidak terlalu sedikit. Sesuaikan dengan kebutuhan dan aturlah porsi mengkonsumsinya secara bijak saat melakukan pendakian.

6. Jangan bawa beban berat

Untuk menghemat tenaga, jangan membawa barang berat yang tidak dibutuhkan, seperti tenda, peralatan masak atau yang lainnya. Namun bawalah barang secukupnya, tidak perlu membawa peralatan seperti mendaki gunung selama berhari-hari. (MC/LS)