Ini Tips Bersihkan Hydration Pack agar Tetap Segar dan Bebas Jamur

(Mounture.com) — Penggunaan hydration pack saat melakukan pendakian ke gunung terbilang membuat pendaki lebih nyaman karena pendaki akan tetap tercukupi dengan air selama perjalanan tanpa harus menurunkan atau membongkar tas carrier-nya ketika akan minum.

Namun perlu dipastikan hydration pack yang kalian gunakan tetap bersih setelah selesai menggunakannya, agar kalian bisa gunakan kembali di waktu kemudian. Adapun tabung dan pipa harus dikosongkan dan dianginkan sampai kering. Pastikan bagian dalam tabung kering untuk menghindari jamur.

Dok. https://www.alpinestars.com/

Nah, untuk tetap menjaga tabung air dan pipa dari hydration pack tetap segar dan bebas dari jamur, berikut ini cara untuk membersihkannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Campur 1 atau 2 sendok baking soda dengan 2 atau 3 liter air. Peras setengah dari jeruk lemon ke campuran itu, lalu tuang ke tabung. Biarkan selama 1 atau 2 hari, kemudian kosongkan tabung dan bilas lalu gantung sampai kering dalam keadaan tutup terbuka (mengeringkan dengan cleaning kits dari produk juga akan membantu).

2. Jika tabung digunakan untuk menyimpan minuman dengan rasa atau minuman olahraga, hampir bisa dikatakan tidak mungkin membersihkan rasa tersebut dari hydration pack. Jadi sedapat mungkin hindari memasukkan minuman berasa ke dalam hydration pack. Hindari menggunakan yodium atau tablet purifikasi air di dalam tabung. Biasanya rasa dari yodium tersebut akan lama tinggal bahkan bisa selamanya.

3. Saat menyimpannya, pastikan dalam keadaan benar-benar kering, jangan dilipat. Jika memungkinkan, beri tumpuan atau ganjal agar tabungnya terbuka sehingga sirkulasi udara memasuki bagian dalam tabung. (MC/RL)

Foto: dok. Agus Wahid (@agus_safeer)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.