Jalur Pendakian Gunung Raung Kembali Dibuka

(Mounture.com) — Sempat dibuka pada 22 Oktober 2019 lalu, namun kemudian ditutup kembali keesokan harinya karena kebakaran hutan susulan, akhirnya jalur pendakian Gunung Raung kembali dibuka mulai tanggal 7 November 2019.

Hal ini tertuang dalam surat edaran Sekretariat Mt.Raung 3.344 Mdpl bernomor 12/B/Pan-Pel/Mt.Raung/X/2019 tertanggal 6 November 2019 yang ditandatangani oleh Kepala Sekretariat Mt. Raung, Jupriyono.

Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa berdasarkan hasil survei jalur pendakian dan hasil rapat koordinasi di Sekretariat Mt.Raung 3.344 Mdpl via Kalibaru, maka ditetapkan bahwa jalur pendakian Mt.Raung 3.344 Mdpl via Kalibaru dibuka mulai hari Kamis, 7 November 2019.

Lebih lanjut disampaikan bahwa demi kenyamanan serta keamanan para pendaki, maka disampaikan sebagai berikut:

1. Setiap calon pendaki wajib melakukan prosedur pendakian yang berlaku di Mt.Raung 3.344 Mdpl via Kalibaru
2. Setiap calon pendaki wajib mengikuti peraturan pendakian yang tertuang dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) pendakian
3. Setiap pendaki wajib melakukan pendakian dengan didampingi tour guide (pemandu) yang sudah berpengalaman di Mt.Raung 3.344 Mdpl.

Sebelumnya, Gunung Raung yang terletak di dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember mengalami kebakaran hutan pada 4 Oktober 2019 lalu. Dan berhasil dipadamkan pada 22 Oktober 2019, namun kebakaran hutan susulan kembali terjadi pada 23 Oktober 2019 yang membuat jalur pendakian ditutup sementara. (MC/PC)

Foto: dok. Instagram/@raungcamp

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.