Ini Cara Rawat Kebersihan Wajah untuk Pria saat Mendaki Gunung

(Mounture.com) — Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang banyak menguras tenaga, selain itu aktivitas di luar ruang (outdoor) ini juga menjadi bagian dari olahraga ekstrem yang sangat digandrungi anak-anak muda, baik pria atau perempuan.

Adapun kegiatan ini memungkinkan kalian, khususnya pria lebih banyak berkeringat sementara juga terpapar lebih banyak debu dan sinar matahari. Oleh karenanya, kalian pun tetap perlu menjaga kebersihan wajah agar terhindar dari risiko kulit berjerawat atau terbakar karena sinar matahari.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara merawat kebersihan wajah untuk pria saat melakukan pendakian ke gunung.

1. Bawa produk yang penting saja,

Produk perawatan wajah untuk pria tidak cuma sabun muka, tapi tentu tidak semuanya bisa kalian bawa sekaligus di ransel. Cobalah buat daftar produk yang perlu dibawa. Umumnya, produk perawatan kulit yang paling penting dan wajib dibawa saat naik gunung adalah pelembap, sun screen (tabir surya), tisu, dan sabun muka.

Namun, kalian boleh saja membawa produk tambahan yang sesuai dengan masalah kulit kalain. Misalnya toner atau krim jerawat. Dengan begitu, kalian tetap bisa menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah selama naik gunung.

2. Patuhi aturan perawatan kulit seperti biasanya,

Selama naik gunung, kalian tetap perlu melanjutkan rutinitas perawatan wajah seperti sewaktu di daratan. Lakukan pencucian wajah, setelah menemukan sumber mata air, luangkan waktu sebentar untuk membersihkan wajah kalian.

Apabila ingin menggunakan sabun, alangkah baiknya dilakukan ketika berada di basecamp pendakian, jangan dilakukan ketika di area pendakian karena akan mengotori lingkungan sekitar. Jika perjalanan membuat wajah berkeringat dan Anda tidak menemukan sumber mata air, gunakan tisu yang dibasahi untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit.

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah mencuci muka agar kulit tidak mengering. Lanjutkan dengan mengoleskan tabir surya pada wajah dan area kulit yang terbuka untuk mencegah kerusakan akibat sengatan sinar matahari. Pilih tabir surya yang tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan oleskan ke kulit setiap 2 jam sekali. (MC/RIL)

Foto: dok. Cozmeed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.