Ini Cara Merawat Knalpot Sepeda Motor

(Mounture.com) — Knalpot merupakan salah satu komponen dari sepeda motor yang juga membutuhkan perawatan layaknya komponen lainnya. Adapun perawatan untuk knalpot ini juga tidak begitu sulit, tapi sayangnya banyak pemilik sepeda motor yang sering melupakan hal itu.

Knalpot motor tidak terawat dan dipenuhi dengan karat hingga akhirnya bocor dan sudah pasti akan mengganggu kenyamanan berkendara. Knalpot yang bocor tidak hanya akan menyebabkan suara mesin berubah dan berisik tapi juga berpengaruh pada performa motor yang sudah pasti akan berkurang.

Karena itulah, sebaiknya pemilik sepeda motor meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan komponen sistem pembuangan motor ini. Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini cara melakukan perawatan untuk knalpot sepeda motor.

1. Rutin mencuci motor, termasuk bagian knalpot, terutama setelah kehujanan. Jangan lupa pula seusai mencuci untuk mengelap motor sampai benar-benar kering.

2. Lakukan pemanasan mesin motor setelah mencuci kendaraan. Selesai mencuci motor sebaiknya langsung dilanjutkan dengan menyalakan mesin sebentar atau berkeliling agar air yang mungkin masuk ke bagian dalam knalpot bisa dihilangkan (dikeringkan).

3. Mengoleskan pelumas (baru bukan bekas) di bagian leher knalpot sehabis memanaskan mesin motor. (MC/RIL)

Foto: dok. Suzuki Indonesia

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.