Ini Cara Merawat Kaki bagi Pendaki Gunung

(Mounture.com) — Bagi kalian penghobi mendaki gunung, melakukan perawatan pada kaki adalah hal yang perlu diperhatikan. Sebab, kaki merupakan salah satu penunjang kegiatan pendakian kalian agar bisa melakoninya dengan aman dan nyaman.

Selain itu melakukan perawatan kaki juga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera saat melakukan perjalanan mendaki ke gunung atau pun bau kaki yang bisa membuat tidak nyaman pastinya. Nah berikut ini beberapa cara merawat kaki bagi kalian para pendaki gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Untuk menghindari cedera pada kaki,

Disarankan untuk menggunakan sepatu trekking yang memiliki level high-cut, hal ini untuk memberikan perlindungan pada bagian pergelangan kaki.

2. Untuk menghindari rusak pada kuku,

Kuku yang rusak pastinya bisa berakibat pada infeksi. Oleh karenanya jangan menggunakan sepatu yang terlalu sempit, disarankan memakai sepatu dengan ukuran 1-2 centimeter lebih besar dari ukuran sebenarnya.

3. Untuk menghindari lecet,

Lecet pada kaki pastinya akan menghambat perjalanan kalian saat mendaki gunung. Untuk itu disarankan memakai kaus kaki dengan material yang lembut dan cepat kering. Selain itu, jangan malas untuk mengganti kaus kaki jika basah harus segera diganti. Untuk jalan berpasir, kalian bisa menggunakan gaiters.

4. Untuk menghindari bau pada kaki,

Bau kaki pastinya akan membuat kalian minder dengan teman-teman pendakian lainnya. Untuk menghindari kaki menjadi bau, disarankan memakai sepatu yang breathable dan waterproof. Selain itu, bawa kaos kaki cadangan, jadi kalian bisa mengganti kaos kaki jika basah atau sudah tidak nyaman digunakan.

5. Untuk menghindari risiko kram kaki,

Kram kaki merupakan salah satu momok yang sering dihadapi oleh sebagian pendaki. Untuk itu, biasakan melakukan pemanasan sebelum memulai pendakian. Selain itu kalian juga bisa melakukan pelurusan posisi kaki ketika sedang beristirahat di jalur.

6. Untuk mengurangi risiko terkilir,

Untuk terhindar dari risiko terkilir, disarankan untuk mengatur langkah saat melewati jalanan berkontur bebatuan. Tak hanya itu, kaki yang lelah juga bisa berpotensi membuat terkilir, oleh karenanya jika sudah merasa lelah, segeralah melakukan istirahat.

7. Untuk membantu mengurangi beban pada kaki,

Penggunaan trekking pole juga bisa menjadi alternatif ketika melakukan pendakian, guna untuk mengurangi beban tumpuan pada kaki. (MC/PC)

Foto: Instagram/@nellaa.srĀ 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.