Simak! Etika saat Mendaki Gunung

(Mounture.com) — Seorang pendaki atau pecinta alam sudah seharusnya mengerti dan memiliki etika yang harus dijunjung tinggi ketika melakukan petualangan di alam bebas. Etika tersebut harus diterapkan dan juga dilakukan dengan kesadaran dari diri sendiri.

Adapun etika saat mendaki gunung wajib dilakukan agar petualangan kalian berjalan dengan aman dan nyaman serta ikut pula melestarikan alam sekitar agar bisa dinikmati oleh para generasi penerusnya.

Berikut ini beberapa etika yang mesti diterapkan oleh seorang pendaki yang baik seperti dirangkum dari laman Eiger, belum lama ini.

1. Hormat dan sopan terhadap pendaki lain,

Dalam peraturan tak tertulis, biasanya para pendaki saling bertegur sapa saat bertemu pendaki lainnya. Pasalnya di gunung, para pendaki tentu mempunyai hobi dan tujuan yang sama, maka penting bagi kita untuk saling membantu jika mengalami kesusahan.

2. Menghormati kehidupan liar,

Perubahan perilaku hewan sedikit banyak merupakan pengaruh manusia. Oleh karenanya, jangan memberi makan hewan yang ditemui dan jangan membuang sampah makanan sembarangan karena bisa dikonsumsi para hewan. Selain itu, kita sebagai ‘tamu’ pun harus bersikap sopan dengan tidak membuat gaduh atau berisik seperti menyalakan speaker portable dan lainnya.

3. Biarkan apa yang dilihat dan ditemukan,

Sebagai seorang pendaki kita sudah seharunya tidak mengubah apapun yang ada di hutan atau gunung. Jangan merusak lingkungan seperti vandalisme, menebang pohon, mencabut tanaman, memburu hewan di hutan untuk dibawa pulang.

4. Membuang limbah dengan benar,

Ketahui bagaimana membuang limbah yang benar, mulai dari kotoran sendiri hingga sisa makanan. Jika ingin buang air besar, carilah tempat yang jauh dari jalur pendakian dan area untuk mendirikan tenda. Gali lubang yang cukup dalam dan jangan lupa untuk ditimbun lagi.

5. Menjunjung tinggi adat istiadat setempat,

Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung, Peribahasa tersebut akan terus berlaku karena setiap tenpat yang kita kunjungi mempunyai istiadat masing-masing. Oleh karenanya, kita harus mengikuti adat serta norma yang berlaku di dalam masyarakat tersebut. (MC/RIL)

Foto: dok. Instagram/@iryanti917

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.