Mau Cat Mobil Putih Awet? Ini Caranya

(Mounture.com) — Belakangan ini, pemilihan cat warna putih pada mobil menjadi tren yang tengah digandrungi. Oleh karenanya, pilihan warna putih biasanya nyaris selalu tersedia di semua model mobil.

Kendati demikian, merawat mobil berwarna putih juga membutuhkan usaha lebih banyak karena rentan terhadap kotoran dan debu, serta apabila tidak dirawat dengan baik warnanya dapat menguning seiring waktu. Lantas, bagaimana agar cat mobil putih kamu tetap awet?

Berikut ini cara merawat mobil dengan cat warna putih seperti dilansir dari laman Honda Indonesia, baru-baru ini.

1. Hindari parkir mobil di tempat terbuka,

Terlalu sering parkir di bawah sinar matahari langsung dapat membuat cat mobil kalian berkurang keawetannya, dan lama kelamaan bisa menjadi menguning. Tak hanya itu, cat mobil juga berpotensi terkena kotoran burung dan getah pohon.

Usahakan untuk parkir di tempat yang memiliki atap sehingga cat mobil tidak langsung terpapar sinar matahari dan terhindar dari kotoran, atau minimal gunakan penutup mobil dengan UV protection apabila kalian terpaksa parkir di tempat terbuka.

2. Jaga kebersihan mobil,

Kotoran dan debu yang melekat pada mobil berwarna putih tentu lebih mudah terlihat dibandingkan mobil berwarna gelap. Karena itu, kalian harus rajin membersihkan mobil berwarna putih. Segera bersihkan debu yang menempel dengan kemoceng atau lap kanebo setengah basah, jangan dibiarkan sampai menumpuk tebal karena akan semakin sulit menyingkirkannya.

3. Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari,

Biasanya, orang mencuci mobil di bawah sinar matahari agar bagian yang sudah dicuci cepat kering. Namun, kalian sebaiknya tidak membiarkan air mengering dengan sendirinya karena akan meninggalkan bercak. Cuci mobil kalian di tempat yang teduh dan lap menggunakan kanebo segera setelah mobil selesai dicuci.

4. Gunakan sampo khusus mobil,

Setiap sabun pencuci tentu sudah dibuat dengan kandungan yang berbeda-beda sesuai peruntukannya masing-masing. Oleh karena itu, jangan mencuci mobil menggunakan sabun mandi, sabun pencuci piring atau pencuci baju. Gunakan shampo khusus mobil agar catnya awet.

5. Poles 6 bulan sekali, atau lapisi dengan Nano Ceramic,

Untuk menjaga keawetan cat mobil khususnya yang berwarna putih, sebaiknya poles mobil kalian setiap 6 bulan sekali untuk mempertahankan warnanya dan menghilangkan jamur yang menempel.

Namun, jangan terlalu sering melakukan pemolesan agar warna cat tidak memudar. Apabila mempunyai dana lebih, kalian dapat memilih opsi lainnya, yakni melapisi cat mobil dengan nano ceramic sehingga menciptakan efek kilau dan menjaga keawetannya hingga dua tahun. (MC/RIL)

Foto: dok. HIN

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.