Ini Persiapan Mendaki Gunung untuk Wanita

(Mounture.com) — Melakukan pendakian ke gunung tidak melulu dilakukan oleh kaum pria. Saat ini aktivitas di alam bebas itu pun mulai diramaikan oleh para wanita petualang. Mulai dari remaja hingga orang tua pun melakoni kegiatan tersebut.

Bukan tanpa persiapan, melakukan pendakian ke gunung bagi wanita pun membutuhkan berbagai persiapan yang matang. Hal ini dilakukan agar para pendaki wanita tak mengandalkan para kaum pria ketika melakukan pendakian.

Berikut ini beberapa persiapan mendaki gunung bagi wanita agar pendakiannya berjalan dengan baik dan lancar seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kenali gunung yang akan didaki,

Pertama kali yang harus dilakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin terkait gunung yang akan kalian jelajahi. Mulai dari medan, pos yang akan dilalui, perkiraan waktu pendakian, ketersediaan air bersih, cuaca di gunung, dan lainnya.

2. Catat kebutuhan yang diperlukan,

Usai mendapat gambaran mengenai gunung yang akan didaki, selanjutnya buatlah daftar perlengkapan yang dibutuhkan saat akan mendaki gunung tersebut. Mulai dari sepatu hiking, baju dengan bahan yang sesuai, jenis jaket yang pas, perlengkapan mendaki seperti trekking pole, obat-obatan, persediaan makanan, dan lainnya.

3. Persiapan fisik,

Agar stamina tetap fit dan tidak mudah lelah saat melakukan pendakian, hal utama yang harus dilakukan adalah latihan fisik. Latihan fisik yang mudah dilakukan adalah lari dan naik turun tangga. Dua kegiatan ini dapat melatih pernafasan serta melatih otot-otot kalian, khususnya pada bagian paha, kaki, dan lutut. (MC/DC)

Foto: dok. Eiger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.