Etika Pinjam Alat-alat Pendakian ke Teman

Ilustrasi alat pendakian (dok. Instagram/@aracelly88)

Mounture.com –– Peralatan pendakian ke gunung merupakan salah satu barang yang memiliki banyak jenis dan macamnya. Selain itu, peralatan pendakian pun tergolong tidak murah. Oleh karenanya, tidak semua pendaki memiliki peralatan gunung yang komplit.

Salah satu cara untuk bisa menggunakan peralatan gunung yang belum dimiliki ialah dengan meminjam. Meminjam alat-alat gunung pun bisa dilakukan dengan meminjamnya dari teman atau orang terdekat. Namun, ketika meminjam barang-barang tersebut kalian pun harus mengetahui etikanya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa etika meminjam alat-alat gunung ke teman atau orang terdekat.

1. Meminta izin

Meminta izin merupakan salah satu etika yang wajib dilakoni ketika akan meminjam barang atau alat gunung ke teman kalian. Kendati kalian sudah seperti keluarga sendiri, tetapi meminta izin sangat dibutuhkan agar pemilik barang merasa dihargai.

2. Kembalikan tepat waktu

Saat meminjam alat gunung, pastikan kalian menentukan kapan waktu akan mengembalikannya. Meskipun alat tersebut tidak digunakan oleh pemiliknya, tetapi kalian tetap harus mengembalikan alat-alat tersebut sesuai dengan janji yang diberikan atau tepat waktu.

3. Jaga alat yang dipinjam

Dengan meminjam alat, mengharuskan kalian untuk menjaga dengan baik barang yang dipinjam tersebut. Jangan sampai barang yang dipinjam tersebut menjadi rusak, kotor atau tidak seperti waktu dipinjamkan.

4. Jangan sering meminjam

Kendati diberi pinjaman alat, namun bukan berarti kalian bisa terus-terusan meminjam alat tersebut. Sebab, pemilik barang belum tentu merasa nyaman jika alatnya terus-terusan dipinjam.

5. Bertanggung jawab

Ketika meminjam alat dari teman atau orang yang dekat pastikan kalian memiliki rasa bertanggung jawab. Di mana ketika alat-alat yang kalian pinjam tersebut mengalami kerusakan, setidaknya kalian memberitahu pemilik serta mengganti alat tersebut. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.