Dear Cewek, Lakukan Hal Ini saat Buang Air Kecil di Gunung

Ilustrasi pendaki wanita (dok. Eiger)

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Namun, di balik itu ada juga permasalahan yang sering dihadapi pendaki, khususnya pendaki wanita, yaitu buang air kecil atau pipis.

Kendati ada di beberapa gunung fasilitas toilet di setiap lokasi camp, namun ketidak terawatan toilet itu menjadikan kotor dan tidak nyaman. Adapun salah satu caranya adalah dengan melakukan di sekitar wilayah camp.

Sebelum melakukan buang air kecil, pendaki cewek harus tahu cara-cara melakukan pipis saat di gunung. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan pendaki cewek saat akan buang air kecil di gunung.

1. Cari lokasi yang tepat

Mencari lokasi yang tepat untuk pipis adalah untuk menjaga kenyamanan dan keamanan kalian saat akan buang air kecil. Carilah lokasi yang agak jauh dari tenda kalian, lokasi yang tidak curam dan berbahaya, jauh dari lokasi sumber air yang berguna untuk minum ataupun tidak di sepanjang jalur pendakian.

Carilah lokasi yang penuh dengan rumput-rumput atau ilalang untuk bisa melakukan buang air kecil.

2. Ajak teman cewek

Saat akan melakukan pipis di gunung, sebaiknya kalian mengajak teman cewek juga, jangan sendirian ya. Sebab, dengan mengajak teman cewek maka kalian bisa saling menjaga saat akan buang air kecil. Selain itu, dengan bareng teman cewek juga bisa menjaga keamanan kalian.

3. Bawa tisu

Dikarenakan sudah tidak dibolehkan bawa tisu basah, maka kalian bisa mensiasatinya dengan membawa tisu dan air secukupnya untuk membasahi tisu. Namun perlu diingat jangan membuang sembarangan tisu yang telah kalian gunakan ya, agar tetap menjaga kelestarian alam.

4. Bawa senter

Jika akan pipis di malam hari, sebaiknya membawa senter untuk penerangan, dan juga bisa menjadikan penanda bahwa ada orang yang sedang buang hajat.

5. Pakai matras

Jika kalian tidak bisa menemukan lokasi berupa rerumputan, atau bebatuan yang bisa menutupi kalian saat akan buang air kecil, sebaiknya kalian bisa menggunakan matras untuk menutupinya. Minta bantuan teman cewek kalian untuk membantu memegangnya jika kalian kesulitan memegang matras sendiri. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.