Buat Rundown Pendakian, Ini Tipsnya

Ilustrasi mendaki gunung (dok. Cozmeed)

Mounture.com — Sebelum melakukan pendakian ke gunung, ada baiknya mempersiapkan segala hal agar kegiatan di alam bebas itu bisa berjalan lancar. Salah satunya adalah mempersiapkan jadwal kegiatan atau rundown pendakian.

Adapun pembuatan rundown pendakian dimaksudkan supaya setiap waktu yang digunakan ketika mendaki gunung bisa berjalan dengan baik, dan bisa mengatur waktu sebaik mungkin.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pendakian, sangat penting mempersiapkan secara detail rundown tersebut agar acara pendakian kalian berjalan dengan mulus. Nah, berikut ini tips membuat rundown pendakian seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengetahui estimasi waktu pendakian

Sebelum mengatur rundown, kalian harus paham mengenai estimasi waktu pendakian ke gunung yang akan kalian daki. Hal ini diperlukan agar kalian bisa leluasa mengatur waktu, seperti jadwal mulai trekking, tiba di pos 1 jam berapa hingga sampai area camp berapa lama.

2. Pemilihan lokasi camp

Sebelum melakukan pendakian, kalian harus sepakat untuk pemilihan lokasi camp dengan tim pendakian. Hal ini dibutuhkan agar tim pendakian tidak terpisah atau berbeda lokasi camp-nya, di mana di beberapa gunung, ada yang memiliki banyak lokasi camp.

3. Penentuan waktu summits (ke puncak)

Setelah menentukan lokasi camp, kalian bisa menentukan waktu untuk summits atau menuju ke puncak. Sebab, dengan penentuan waktu tersebut, kalian bisa mengatur waktu-waktu lainnya yang bisa kalian lakukan.

4. Penentuan turun gunung

Dalam sebuah pendakian, melakukan turun gunung biasanya juga ditentukan batas waktunya untuk sampai ke basecamp. Oleh karenanya, menentukan waktu turun juga sangat penting dilakukan. Untuk memudahkan menghitung perkiraan waktu turun, kalian bisa menggunakan estimasi waktu pendakian yang kalian ketahui atau baca dari referensi pendaki lainnya. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.