0

Mau Pasang Peredam Mobil? Jangan Asal!

(Mounture.com) — Demi memaksimalkan kenyamanan pada mobil kesayangan, banyak cara dilakukan oleh pemilik kendaraan. Selain menambahkan headunit dan audio, cara lain untuk meningkatkan kenyamanan tunggangan adalah dengan menambahkan peredam mobil.

Penambahan peredam ini bertujuan agar pengemudi dan juga penumpang lebih merasa nyaman saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Peredam mobil yang bagus biasanya dipasang oleh pemilik mobil untuk mendapatkan suara lebih senyap dari luar. Selain itu, peredam juga mempunyai banyak sekali fungsi yang mungkin belum terlalu diketahui.

Installer dari Begja Autotronics, Yanto, mengatakan bahwa selain untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening, peredam mobil yang bagus juga berfungsi untuk menahan panas, menahan getaran serta untuk meredam suara audio mobil tidak memantul sehingga kualitas audio yang didengar telinga lebih bagus atau kedengaran jernih.

Pria yang akrab disapa Mas Yanto ini juga menerangkan bahwa peredam mobil yang bagus bukan hanya satu jenis peredam untuk semua bagian mobil. Pada faktanya, kata dia, untuk pemasangan jenis peredam mobil juga harus dilihat dari bagian mobil yang ingin dipasangkan. Untuk setiap bagian mobil sebaiknya menggunakan tipe peredam yang sesuai.

“Ada jenis peredam yang dibuat khusus untuk dipasang di door trim pintu mobil, rubber seal pintu mobil, untuk di alas mobil, kolong mobil maupun dashboard mobil. Ada pula peredam yang biasanya dipasang di bagian atap serta kap mesin kendaraan untuk meredam hawa panas, getaran dan suara yang dihasilkan mesin mobil agar tidak masuk ke kabin,” tuturnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, banyak sekali jenis untuk bahan peredam mobil murah, saat ini peredam yang baik di pasaran banyak yang menawarkan bahan aspal. “Tetapi peredam yang baik sekarang menggunakan bahan utama Rubber Butyl atau Karet Butil,” ucap Mas Yanto.

“Bahan peredam mobil Rubber Butyl ini cocok dipasang di bagian pintu mobil. Sebagai contoh, peredam brand Noisekill yang sekarang sedang ramai digunakan di pasaran adalah salah satu pelopor menggunakan bahan Rubber Butyl ini,” jelas dia.

Lebih jauh dia mengatakan, peredam mobil terbaik juga tidak dilihat dari ketebalan peredam tersebut. Tapi yang terpenting adalah density dan kepadatannya. Ada banyak peredam mobil murah, yang tebal tetapi tidak padat ataupun tipis, padat, tetapi mudah rusak, sobek atau bolong.

“Salah pemahaman sering terjadi di banyak pembeli peredam mobil. Peredam mobil terbaik bukan berarti yang paling tebal dan paling berat. Peredam mobil tipis pun asal padat dan kuat dan mampu meredam dengan baik, maka cocok untuk kebutuhan mobil tersebut. Jadi jangan salah pilih peredam mobil yang cocok untuk mobil kita,” tutup Mas Yanto. (MC/RL)

Foto: dok. Asuka Car TV