0

3 Jalur Pendakian Gunung Ciremai Kembali Dibuka

  • 28 December 2019 13:56

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mengumumkan kembali membuka 3 jalur pendakian Gunung Ciremai, yaitu via Apuy, Palutungan, dan Linggasana pada Senin, 30 Desember 2019. Sedangkan untuk jalur pendakian melalui jalur Linggajati, pihak TNGC masih melakukan penutupan.

Pembukaan 3 jalur pendakian itu berdasarkan surat edaran bernomor PG.27/T.33/TU/KSA/12/2019 tertanggal 27 Desember 2019 yang ditandatangani oleh Kepala Balai Kuswandono.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan rapat terakhir yang dilakukan pada 27 Desember 2019 menetapkan hasil akhir yang memutuskan jalur pendakian Apuy, Palutungan, dan Linggasana dibuka kembali pada 30 Desember 2019 melalui mekanisme booking online melalui situs tngciremai.com pada menu Pendakian Gunung.

“Untuk sementara jalur pendakian Linggajati masih ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tulis surat edaran tersebut.

Sementara dalam akun instagram resminya, @gunung_ciremai, disebutkan bahwa semua pendaki wajib melakukan booking di website Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) www.tngciremai.com pada menu Pendakian Gunung. Lakukan booking paling lambat H-1 pendakian.

“Pastikan sobat memperoleh kode booking dan kode kapling tenda di Transit Camp (TC). Sobat tidak diperkenankan langsung datang ke Base Camp (BC) tanpa melakukan booking terlebih dahulu. Booking akan dibuka mulai besok (29/12) dengan menerapkan kuota yang telah ditetapkan setiap harinya,” tulis akun tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa jumlah rombongan pendaki, minimal 4 orang dan maksimal 10 orang. “Bila kurang dari 4 orang, sobat mesti menggenapinya. Sedangkan bila rombongan pendaki lebih dari 10 orang, maka harus melakukan lebih dari satu kali booking,” terang pihak TNGC. (MC/RL)

Foto: Instagram/@hadisap.id