0

Mau ke Gunung Tambora? Ini Aksesnya

(Mounture.com) — Gunung Tambora yang terletak di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki beragam pesona, salah satu yang menjadi daya tariknya adalah kaldera atau bekas letusan yang begitu besar dan luas.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke gunung yang memiliki ketinggian 2.851 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, kalian bisa menggunakan pesawat bagi yang dari Jakarta, Bali atau Lombok dengan tujuan Bandara Sultan Muhammad Salahudin, Bima, Sumbawa.

Bandara ini merupakan yang terdekat bagi yang ingin mendaki ke gunung Tambora dari kota Dompu sebab hanya dibutuhkan waktu sekira 1 jam berkendara dengan travel dari Bandara – Dompu. Namun, jika menggunakan bus umum, kalian bisa menghabiskan waktu sekira 90 menit dan bisa menggunakan bus jurusan Bima-Dompu (PP).

Sementara alternatif lainnya, menggunakan bus AC jurusan Mataram-Dompu atau Mataram-Dompu-Bima dari terminal bus Mandalika di Mataram. Untuk bus jurusan Mataram-Dompu diberangkatkan dua kali sehari yaitu pada pagi pukul 09.00 WITA dan sore hari 15.00 WITA. Sementara bus jurusan Mataram-Dompu-Bima hanya pukul 15.00 WITA.

Dengan menggunakan bus dari Mataram, estimasi perjalanan hingga ke terminal Ginte, Dompu kurang lebih 12 jam perjalanan. Sedangkan jika menggunakan moda transportasi laut, kalian bisa menggunakan kapal Pelni menuju ke Pelabuhan Bima, kemudian dilanjutkan dengan bus jurusan Bima-Dompu. (MC/AI)