4

Jalur Pendakian Gunung Sibuatan Ditutup Total Hingga Juni 2019

  • 4 Februari 2019 18:19

(Mounture.com) — Pengelola Pendakian Gunung Sibuatan Jalur Desa Nagalingga, Sumatera Utara, mengumumkan bahwa pemberlakuan penutupan sementara jalur pendakian ke gunung Sibuatan mulai tanggal 14 Januari sampai dengan Juni 2019.

Adapun penutupan jalur pendakian tersebut dilakukan dikarenakan jalur pendakian yang terkikis dan mengalami kerusakan akibat aktivitas pendakian dan cuaca yang tidak menentu.

Dalam surat edarannya bernomor 001/GMP/01/2019 dijelaskan bahwa memperhatikan kondisi jalur pendakian Gunung Sibuatan melalui Desa Nagalingga yang sudah mulai terkikis dan mengalami kerusakan akibat banyaknya aktivitas pendakian dan cuaca yang tidak menentu, maka untuk sementara pendakian Gunung Sibuatan melalui Desa Nagalingga ditutup secara total mulai tanggal 14 Januari 2019 hingga bulan Juni 2019.

Selain itu, pihak pengelola juga beralasan bahwa penutupan kegiatan pendakian Gunung Sibuatan ini juga dimaksudkan untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian dalam rangka menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan, hewan beserta ekosistemnya. (MC/DC)