0

Tarsius, Primata Terkecil di Indonesia

(Mounture.com) — Tarsius adalah salah satu primata terkecil di Indonesia. Satwa mungil ini dapat dijumpai di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Satwa ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan mata yang besar. Sementara kaki belakangnya sangat panjang. Tulang tarsus di kakinya sangat panjang dan dari tulang tarsus inilah nama tarsius berasal.

Satwa ini aktif dan melakukan aktivitas di malam hari, di mana pada waktu sore, satwa ini akan keluar sarang dan mulai mencari makanan berupa serangga.

Adapun binatang ini telah ditetapkan sebagai maskot dari Bangka Belitung. Di mana di daerah tersebut jenis primata ini disebut pelilean oleh warga lokal atau secara ilmiah dikenal dengan Tarsius Bancanus Saltator.

Awalnya jenis ini dianggap sama dengan kerabatnya di Pulau Bangka yaitu Tarsius Bancanu Bancanus, namun karena adanya perbedaan karakter morfologi atau bentuk luar dari kedua jenis ini maka para peneliti menjadikan Tarsius di Pulau Belitung menjadi jenis yang berbeda dengan populasi Tarsius di Pulau Bangka. (MC/IG)

Sumber dan Foto: Instagram/@farits_alhadi