0

Standar Operasional Pendakian Gunung Semeru Direvisi

Puncak Mahameru

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BTNBTS) melakukan revisi terkait standar operasional pendakian (SOP) ke Gunung Semeru. Adapun revisi tersebut berupa penambahan dan juga perubahan beberapa tata cara dan sistem pendakian.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu akun Instagram @saverindo, yang juga sebagai regu relawan di Gunung Semeru, Saver (Sahabat Volunteer Semeru). Dalam postingannya, disebutkan bahwa revisi tersebut meliputi registrasi online, dan juga perlengkapan pendakian.

“Beberapa tambahan dan perubahan poin penting yang kami rangkum dari standar operasional pendakian (SOP) Gunung Semeru tahun 2019. Untuk poin peraturan yang lain sama dengan SOP sebelumnya yaitu tahun 2018. Untuk lebih lengkap silahkan lihat di website TNBTS www.bookingsemeru.bromotenggersemeru.org,” tulis akun tersebut.

Berikut ini beberapa perubahan dan penambahan mengenai SOP Gunung Semeru tahun 2019, seperti dikutip dari akun @saverindo:

– Registrasi Online

1. Virtual Account

Pendaki akan secara otomatis terverifikasi dari sistem setelah transfer ke Bank, pendaki akan menerima bukti transfer, kode verifikasi dan file simaksi (dalam bentuk PDF) yang siap dicetak.

2. Identitas

Identitas calon pendaki sesuai dengan yang masih berlaku dan mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK)

3. Jumlah Anggota

Jika jumlah anggota kurang dari 3 orang, calon pendaki bisa melakukan booking online dengan ketentuan membuat surat pernyataan bermaterai.

4. Pergantian Nama Anggota

Bisa dilakukan oleh calon pendaki sendiri dengan mengedit langsung di website TNBTS maksimal 5 hari sebelum pendakian dan maksimal 50 persen dari jumlah anggota. Untuk nama ketua rombongan tidak bisa diganti.

5. Tidak Ada Refund

Apabila pendaki membatalkan pendakian dengan alasan apapun, maka tidak ada pengembalian uang (refund) yang telah ditransfer (sesuai PP. No.12 tahun 2014).

6. Force Majeure

Untuk kejadian tidak terduga (Operasi SAR dan Bencana Alam) yang menyebabkan jalur pendakian ditutup, maka bagi pengunjung yang sudah terdaftar di sistem, booking tidak hangus dan akan diganti di hari lain yang kuota pendakiannya masih tersedia.

– Perlengkapan Pendakian

1. Harus membawa peralatan sesuai SOP
2. Dilarang membawa Drone dan sejenisnya (hanya untuk kepentingan riset dan SAR)
3. Dilarang membawa botol air kemasan lebih dari 2 botol (disarankan membawa tumbler, jerigen dan lain-lain).

“Kami mencoba membantu memberi info kepada teman-teman pendaki semua tentang tata cara dan sistem pendakian Semeru yang selama ini kurang disosialisasikan secara meluas oleh pihak @tnbromotenggersemeru yang akan melakukan pelayanan prima,” tulis @saverindo, baru-baru ini.(MC/DC)