0

Sebelum Mendaki, Ini Tahap-tahap yang Harus Disiapkan

(Mounture.com) — Sebelum melakukan pendakian, sudah barang tentu kita harus mempersiapkan segala hal yang diperlukan selama melakukan pendakian. Adapun persiapan tersebut, meliputi peralatan, perlengkapan, hingga ke persiapan fisik dan mental.

Berikut ini tahap-tahap sebelum melakukan pendakian seperti dilansir dari laman Cozmeed.

1. Pelajari Medan dan Karakter Gunung

Hal ini untuk mengetahui apakah ada perubahan jalur pendakian, dan kondisi cuaca terbaru di gunung yang akan didaki. Serta untuk mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang harus dibawa saat mendaki, agar proses pendakian berjalan dengan lancar.

Untuk mengetahui dan mempelajari medan dan karakter gunung yang akan didaki, kalian bisa mencari referensi dari orang yang sudah pernah mendaki ke gunung yang kalian tuju, atau kalian juga bisa membaca catatan perjalanan dari beberapa sumber di internet.

2. Tentukan Lama Waktu Pendakian

Hal ini untuk mempersiapkan seberapa banyak perbekalan yang harus dibawa. Supaya cukup untuk mencukupi kebutuhan saat proses pendakian.

3. Persiapan Fisik

Rutin melakukan lari atau jogging minimal dua minggu sebelum melakukan pendakian. Hal ini untuk mempersiapkan fisik dan kondisi tubuh agar tidak mudah capek saat melakukan pendakian.

4. Persiapan Barang dan Peralatan

Tas carrier minimal 50 liter, sleeping bag (SB), baju dan celana ganti, jaket tebal, senter, tenda, matras, penutup kepala, kaos kaki cadangan, sarung tangan tebal, jas hujan, sepatu outdoor, pemantik/korek, trash bag.

5. Persiapan Alat Masak dan Bahan Bakar

Nesting, kompor gas, tabung gas atau parafin, dan metanol.

6. Persiapan Konsumsi

Persiapkan jumlah konsumsi dua kali lipat dari waktu target pendakian, air mineral minimal 3 liter, makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya kalori (sereal, nasi, roti atau kentang), gula Jawa, kopi/teh, makanan ringan, permen, alat makan (garpu, sendok, piring dan gelas).

7. Persiapan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)

Obat khusus (bagi yang memiliki riwayat penyakit dan alergi). (MC/PC)

Foto: dok. Cozmeed